nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kim Jong-un Monitor Langsung Peluncuran Senjata Baru Korea Utara

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 15:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 17 18 2093211 kim-jong-un-monitor-langsung-peluncuran-senjata-baru-korea-utara-Mcmkuk24MZ.jpg Kim Jong-un saat mengawasi uji tes misil Korea Utara. Foto/KCNA/AFP

SEOUL – Media pemerintah milik Korea Utara (KCNA) menyebutkan Kim Jong-un memonitor langsung peluncuran senjata baru milik negara tersebut.

Peluncuran yang dilakukan pada Jumat (16/8) adalah tes senjata keenam Korut dalam beberapa pekan terakhir. Pengujian bertujuan memprotes latihan militer tahunan Amerika Serikat-Korea Selatan yang menurut Pyongyang dianggap ancaman.

Para pejabat pertahanan di Seoul mengatakan Pyongyang menembakkan dua rudal balistik jarak pendek, yang terbang sekitar 230 kilometer sebelum jatuh di laut antara semenanjung Korea dan Jepang.

Baca juga: Korea Utara Tolak Lanjutkan Pembicaraan Damai dengan Korea Selatan

Baca juga: Presiden Korsel Janji Kejar Upaya Reunifikasi Korea pada 2045

Foto/KCNA/AFP

Sebuah laporan oleh Kantor Berita Pusat resmi Korea mengatakan tes berjalan sempurna.

"Misil ditembakkan di hadapan Pemimpin Tertinggi (Kim Jong-un)," kata KCNA mengutip AFP, Sabtu (17/8/2019).

Laporan KCNA muncul setelah Pyongyang menyebut Presiden Korea Selatan Moon Jae-in "kurang ajar" karena berharap melanjutkan pembicaraan antar-Korea meski tetap melanjutkan latihan militer dengan AS.

Rencana untuk melanjutkan perundingan antara Korea Utara dan AS tampaknya terhenti sejak pertemuan Juni yang dadakan antara para pemimpin kedua negara.

Tetapi Presiden AS Donald Trump, mengatakan pekan lalu bahwa ia telah menerima "surat yang sangat indah" dari Kim. Ia mengatakan bahwa Kim dalam surat telah meminta maaf soal peluncuran uji misil.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini