Share

Kalah dalam Survei SMRC, PAN: Prabowo-Sandi Akan Lebih Giat Yakinkan Pemilih

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Minggu 07 Oktober 2018 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 07 605 1960820 kalah-dalam-survei-smrc-pan-prabowo-sandi-akan-lebih-giat-yakinkan-pemilih-IWa9FFuOsI.jpg Prabowo-Sandiaga (Foto : Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Elektabilitas pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin lebih unggul dibandingkan pasangan capres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam hasil survei Saiful Mujani Research & Consuling (SMRC).

Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN, Viva Yoga Mauladi menyebutkan hasil survei SMRC tersebut akan dijadikan catatan bagi pihak Prabowo-Sandi ke depannya.

“Jadi, catatan bagi kami agar kami bisa melakukan upaya-upaya khusus dalam rangka melakukan komunikasi pada pemilih, meyakinkan pemilih tentang visi misi program," kata Viva di kantor SMRC, Jalan Cisadane, Jakarta Pusat, Minggu (7/10/2018).

Ia menegaskan, saat ini kampanye pilpres barulah dimulai. Menurutnya, masih memiliki waktu yang panjang bagi Prabowo-Sandi menggencarkan senjata selama masa kampanye untuk mengejar elektabilitas pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf.

Prabowo-Sandiaga Gelar Konferensi Pers Bahas Isu Politik dan Ekonomi

“Model kampanye tentunya berkaitan juga dengan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara yaitu aspek ideologi, sosial, budaya, politik pendidikan, kesehatan, keamanan, dan seluruhnya,” kata Viva.

Apabila isu ekonomi tak boleh digunakan dalam kampanye, dia memandang hal tersebut tidak tepat. Sebab dalam janji-janji presiden juga terdapat aspek ekonomi.

“Bahkan itu yang lebih utama yang akan jadi penentu bagi pemilih untuk menentukan paslon yang akan dipilih. Jadi faktor-faktor itu semuanya akan kita jadikan sebagai langkah-langkah sistematis, yang isu sentral dalam rangka proses pendidikan masyarakat yang mencerdaskan,” tukas dia.

(Baca Juga : Survei SMRC: 73,4% Masyarakat Merasa Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi)

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research & Consuling (SMRC) Djayadi Hanan mengutarakan bahwa elektabilitas pasangan capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin masih unggul dibandingkan pasangan capres Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Sandiaga Uno.

“Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin masih unggul 60,4 persen dari pasangan penantang Prabowo-Sandiaga yang memperoleh 29,8 persen dari suara responden,” ungkap Djayadi di kantor SMRC, Jalan Cisadane, Jakarta Pusat, Minggu (7/10/2018).

(Baca Juga : Jokowi Berpeluang Dua Periode, Survei SMRC Ungkap Faktor Kemenangan)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini