nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres JK Tutup MTQ Tingkat Nasional Ke-27 di Medan

Antara, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 00:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 13 337 1963447 wapres-jk-tutup-mtq-tingkat-nasional-ke-27-di-medan-oZFfUvF3Qc.jpg Wapres Jusuf Kalla (JK). (Foto: Okezone)

MEDAN – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada Jumat malam secara resmi menutup kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-27 di Medan, Sumatera Utara. Wapres dalam kesempatan tersebut mengenakan pakaian tradisional Melayu berwarna kuning dan ikat kepala hijau.

Sementara Kompleks Gedung Serbaguna T Rizal Nurdin di Deli Serdang, Sumatera Utara; atau Jalan Williem Iskandar, Medan; tempat dilaksanakan penutupan MTQ tersebut dihiasi sorotan lampu laser warna-warni.

Wapres JK dalam sambutannya mengenang MTQ pertama kalinya dilaksanakan pada 51 tahun lalu. Ia bercerita, MTQ berawal dari ide orang Medan, Kepala RRI di Makassar, Pak Sani, yang menggelar perlombaan membaca kitab suci Alquran.

(Baca juga: Presiden Jokowi Buka MTQ Nasional 2018 di Medan)

Ide tersebut kemudian dikembangkan menjadi MTQ tingkat nasional yang hingga kini terus dilaksanakan. Perkembangan MTQ saat ini, dengan berbagai kategori yang muncul, menunjukkan minat tadarus Alquran generasi muda.

"Itu membuktikan minat membaca Alquran telah menjadi bagian generasi muda kita. Bukan hanya ahli internet, tapi ilmu agama berkembang dengan baik di kalangan generasi muda," ucap JK.

Dia mengatakan, Alquran bukan hanya dibaca dengan indah, namun juga dilaksanakan dengan ketulusan hati. Wapres juga mengingatkan perlunya menjaga nilai-nilai Islam washatiyah (moderat) dalam berbangsa dan bernegara sebagai sifat bangsa Indonesia yang telah turun-temurun.

Nilai-nilai moderat itulah yang membuat kerukunan di Indonesia terus bertahan, sementara banyak negara-negara Islam yang kini terlibat konflik.

Dalam kesempatan ini, JK mengakhiri sambutannya dengan pantun, "Bunga mawar harum baunya. Tumbuh di taman indah warnanya. Membaca Alquran indah dan syahdu. Allah akan memberikan pahala dan menenangkan kalbu."

(Baca juga: Perwakilan Indonesia Raih Juara MTQ Internasional di Mesir)

Penutupan MTQ ke-27 tahun 2018 ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wapres JK dan diikuti pemukulan gordang sembilan. Di antaranya oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Sementara itu, usai menutup MTQ ke-27, Wapres JK langsung bertolak menuju Provinsi Bali yang sedang menyelenggarakan acara Annual Meeting IMF-World Bank 2018.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini