nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Korsel: Kim Jong-un Benar-Benar Tulus Ingin Lakukan Denuklirisasi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 09:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 15 18 1964065 presiden-korsel-kim-jong-un-benar-benar-tulus-ingin-lakukan-denuklirisasi-oIcPO7aAMA.JPG Foto: Reuters.

PARIS – Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in mengatakan bahwa Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un benar-benar tulus dan ingin menyingkirkan senjata nuklirnya. Hal itu disampaikan Moon kepada surat kabar Prancis dan meminta masyarakat internasional untuk memberi apresiasi kepada Kim untuk keinginannya itu.

“Tahun ini saya telah melakukan diskusi secara mendalam dengan Kim selama berjam-jam. Pertemuan-pertemuan ini meyakinkan saya bahwa dia telah mengambil keputusan strategis untuk meninggalkan senjata nuklirnya, ” kata Moon kepada Le Figaro sebagaimana dilansir Reuters, Senin (15/10/2018).

BACA JUGA: Beberapa Hal Menarik dari KTT Antar-Korea di Pyongyang

Moon dijadwalkan bertemu dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron pada Senin.

Korea Utara telah menghentikan uji coba nuklir dan rudal balistiknya tahun ini, tetapi belum menepati janjinya untuk mengizinkan pemeriksaan internasional ke lokasi uji coba nuklir Punggye-ri yang dinyatakan telah dibongkar pada Mei. Langkah Pyongyang ini menimbulkan kritik yang menduga pembongkaran itu hanya kedok dan lokasi uji coba itu dapat diperbaiki kembali.

Namun, Moon mengatakan bahwa Kim Jong-un benar-benar tulus dan merasa frustrasi dengan ketidakpercayaan dari dunia internasional akan tindakan yang diambilnya.

"Sekarang saatnya untuk menanggapi upaya-upaya yang sulit untuk disetujui ini," kata Moon. "Kita perlu meyakinkan Kim Jong-un bahwa dia mengambil keputusan yang tepat dalam memutuskan untuk denuklirisasi dan kita perlu menemaninya dalam keinginannya untuk perdamaian yang kuat dan bertahan lama."

Amerika Serikat (AS) menginginkan Korea Utara untuk sepenuhnya menutup fasilitas nuklir dan rudalnya secara penuh sebelum memenuhi tuntutan Pyongyang untuk secara resmi mengakhiri Perang Korea dan mencabut sanksi internasional.

Mengenai hal ini, Moon berharap pertemuan berikutnya antara Presiden AS, Donald Trump dengan Kim Jong-un akan memungkinkan kedua pemimpin untuk mendapatkan kemajuan dari pertemuan pertama mereka di Singapura.

BACA JUGA: Ini Isi Dokumen Hasil KTT yang Ditandatangani Trump dan Kim Jong-un

"Mengumumkan berakhirnya Perang Korea akan menjadi awal untuk membangun rezim perdamaian," kata Moon. Dia juga meminta Washington untuk mengambil "langkah-langkah yang sesuai yang dapat diandalkan untuk menjamin keamanan rezim (Kim Jong-un)"

"Kita bisa juga di masa depan membahas pelonggaran sanksi, sesuai dengan kemajuan denuklirisasi," tambahnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini