Hujan hingga Sungai Meluap, 11 Kecamatan di Kabupaten Kuansing Terendam Banjir

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Selasa 06 November 2018 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 06 340 1974066 hujan-hingga-sungai-meluap-11-kecamatan-di-kabupaten-kuansing-terendam-banjir-WUCv96UOxe.jpg Persawahan banjir di Pekanbaru (Foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

PEKANBARU - Banjir melanda Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau dan merendam ribuan rumah. Selain rumah, fasilitas umum seperti sekolah, pelayanan kesahatan dan rumah ibadah juga terkena dampaknya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mencatat ada 11 kecamatan yang terkena dampak banjir. Daerah itu adalah Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Gunung Toar, Kuantan Tengah.

 Baca juga: 4 Orang Keluarga Korban Pingsan saat Lihat Lokasi Jatuhnya Pesawat Lion Air

"Kemudian Kecamatan Benai, Sentajo Raya, Pangean, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Sebrang, Inuman dan Kecamatan Cerenti," ucap Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gapur Selasa (6/11/2018).

 Banjir di Pekanbaru (Foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

Banjir di Kabupaten Kuantan disebabkan oleh tingginya curah hujan yang menyebabkan Sungai Kuantan meluap. Selain karena hujan, banjir di Kabupaten Kuansing juga disebabkan oleh kiriman banjir dari propinsi tetangga.

 Baca juga: Terus Bertambah, RS Polri Telah Terima 163 Kantong Jenazah Korban Lion Air

"Kuansing juga dapat kiriman dari banjir Provinsi Sumatera Barat. Karena aliran di Kuansing hulunya adalah sungai di Kabupaten Solok, Sijunjung dan Dharmaseraya," imbuhnya.

Selain rumah ratusan hektar areal lahan pertanian dan perkebunan warga. Salah seorang warga Desa Sukaping Kecamatan Pangean, Juprison mengatakan banjir melanda wilayahnya sejak Ahad lalu.

 Banjir di Pekanbaru (Foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

"Kita bersama warga lain terus bersiaga banjir hingga dini hari. Karena banjir lebih besar bisa datang tiba-tiba. Apalagi hujan masih melanda. Ini ancaman bagi warga yang tinggal di hilir. Sudah ribuan rumah warga terkena dampak banjir," ucap tokoh muda Kecamatan Pagean Juprison.

Baca juga:  Longsor di Gunungsitoli, Akses Jalan Antar-Desa Terputus

Selain Kabupaten Kuansing, banjir juga melanda tiga kabupaten lainnya yakni, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Kabupaten Rokan Hulu dan Rokan Hilir saat ini sudah menaikan status menjadi siaga darurat banjir.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini