Cabut Status Kebakaran Hutan, Kini Riau Keluarkan Tanggap Darurat Banjir

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Jum'at 30 November 2018 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 30 340 1985084 cabut-status-kebakaran-hutan-kini-riau-keluarkan-tanggap-darurat-banjir-UUjCtZXlem.jpg ilustrasi (dok okezone)

PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemrov) Riau menetapkan status tanggap darurat banjir dan longsor. Sebelumnya, Riau berstatus siaga darurat kebakaran hutan dan lahan selama musim kemarau.

Penetapan status tanggap darurat banjir setelah dilakukan rapat koordinasi dengan sejumlah instansi, seperti TNI, Polri, dan pemda tingkat II di Riau. Rapat koordinasi dipimpin Plt Gubernur Ria, Wan Thamrin Hasyim.

"Kita hari ini tetapkan status siaga darurat banjir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Jumat (30/11/2018).

Banjir di Riau. (Foto : Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

Saat ini banjir sudah melanda sejumlah kabupaten dan kota di Riau. Daerah yang kebanjiran itu adalah Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kuansing, Kabupaten Rohil, Kabupaten Rohul, Kabupaten Kampar, dan Kota Pekanbaru. Dari sejumlah daerah itu, empat di antaranya sudah berstatus tanggap darurat banjir, yaitu Kabupaten Indragiri Hulu, Kuansing, Rohil, dan Rohul.

Untuk longsor, daerah yang harus diwaspadai adalah Kabupaten Kuansing dan Kampar. Dua daerah ini menghubungkan Riau dengan Provinsi Sumatera Barat.

"Untuk banjir saat ini sejumlah daerah sudah mulai surut," imbuhnya.

(Baca Juga : Banjir Indragiri Hulu Mulai Surut, BPBD Riau Ingatkan Warga Tetap Waspada)

Dengan penetapan status tanggap darurat, Pemrov Riau mencabut status tanggap kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran Riau selama 2018 telah menghanguskan 5.776 hektare hutan dan lahan.

"Sudah tiga tahun ini kita bebas dari bencana kabut asap," imbuhnya.

(Baca Juga : Banjir di Indragiri Hulu Telan Korban Nyawa 2 Anak)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini