nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bendungan PLTA Dibuka, Sejumlah Wilayah di Kampar Kebanjiran

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 17:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 16 340 2142548 bendungan-plta-dibuka-sejumlah-wilayah-di-kampar-kebanjiran-8woyMaBbPz.jpg Kebanjiran di Kabupaten Kampar Riau (foto: Okezone.com/Banda)

 

PEKANBARU - Sejumlah wilayah di Kabupaten Kampar, Riau dilanda banjir. Salah satu faktornya adalah karena adanya pembukaan bendungan PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar dalam beberapa hari ini. Air dari bendungan mengaliri Sungai Kampar

Hasil pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sejumlah wilayah terdampak banjir adalah Kecamatan Gunung Sahilan, Kampar, Kampar Kiri dan Rumbio Jaya. Ribuan rumah dan sejumlah fasilitas umum terkena dampaknya.

BPBD melakukan penanganan bencana banjir di Desa Gunung Sahilan Kecamatan Gunung Sahilan dengan jumlah yang terdampak banjir 98 Kepala Keluarga atau 219 jiwa. Kondisi air sudah mulai surut.

"Penanganan banjir disana sudah sepekan. Kemudian di Desa Sahilan Darussalam Kecamatan Gunung Sahilan yang terdampak banjir sebanyak 176 KK atau 400 jiwa," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger kepada Okezone, Senin (16/12/2019).

 Banjir Kampar

Bencana banjir di Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampar rumah yang terendam adalah 41 rumah dengan jumlah jiwa adalah 164 . Selain itu terdata sebanyak sekolah tingkat TK, SD dan SMP terkena banjir.

"Di Desa Rumbio Jaya Kecamatan Rumbio Jaya, banjir terjadi akibat luapan sungai Kampar jumlahnya masih kita data," imbuhnya.

Banjir juga terjadi di Desa Lubuk Siam Kecamatan Siak Hulu. Warga yang terdampak 80 Kepala Keluarga atau 563 jiwa. Sementara banjir di Desa Tanjung Balam cukup besar. Dimana warga yang terdampak sebanyak 211 Kepala Keluarga atau 637 jiwa. Sementara banjir juga terjadi di Desa Buluh Cina, Kecamatan Kampar Kiri memasuki hari ketiga. Namun korban banjir belum terdata.

"Di Desa Alam Panjang banjir terdampak terhadap 120 KK Kemudian di Desa Pulau Payung ada 387 KK," tukasnya.

Sementara itu, Manager PLTA Koto Panjang Cecep mengatakan, saat ini dibuka bendungan sebanyak 5 pintu. Pembukaan pintu air disebabkan meningkatnya debit air akibat curah hujan. "Dibuka 5 pintu dengan panjang 100 centimeter," imbuhnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini