nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demokrat Raih Kemenangan di DPR, Kongres Terbelah

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 07 November 2018 16:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 07 18 1974598 demokrat-raih-kemenangan-di-dpr-kongres-terbelah-hnGZ5pwihk.jpg Pimpinan Minoritas Parlemen AS, Nancy Pelosi merayakan keberhasilan Partai Demokrat menjadi mayoritas di Parlemen di Washington, 6 November 2018. (Foto: Reuters)

WASHINGTON — Partai Demokrat berhasil mengambil alih DPR, sedangkan Partai Republik mempertahankan kontrol di Senat, menurut prakiraan media atas pemilihan paruh waktu, Selasa (6/11).

Hasil perolehan suara menciptakan Kongres yang terbelah dan akan menjadi penghalang bagi agenda legislatif Presiden Donald Trump selama dua tahun kedepan.

BACA JUGA: Mengapa Pemilu Sela AS Kali Ini Begitu Menentukan?

Hasil pemilu, yang sudah diperkirakan, juga menjadi teguran bagi Trump. Trump berkampanye di berbagai daerah untuk mendukung kandidat Partai Republik. Ia berkeras pemilu paruh waktu adalah referendum atas kepresidenannya.

“Hari ini adalah tentang Demokrat dan Republik, tentang memulihkan pengawasan dan keseimbangan konstitusional pemerintahan Trump,” kata pemimpin Demokrat, Nancy Pelosi, dari California dalam pidato kemenangan di markas Partai Demokrat di Washington.

Peluang pihak Demokrat untuk mengambil alih kendali Senat dari Republik tampaknya tidak mungkin setelah kekalahan di Indiana dan Tennessee.

Dengan menguasai DPR untuk pertama kali dalam delapan tahun, Demokrat bisa melakukan lebih dari sekedar menghalangi prioritas legislatif Trump. Mereka juga bisa menyerang, mengambil tampuk pimpinan komite-komite penting dalam DPR yang memiliki kekuatan penyelidikan.

Beberapa politisi Demokrat mengindikasikan mereka akan menuntut bukti pengembalian pajak presiden dan menyelidiki keuangan serta kepentingan bisnis pribadi, termasuk hubungan antara kampanye pemilihan presiden 2016 dengan Rusia.

Senator Demokrat Joe Manchin dari West Virginia berhasil mempertahankan kursinya dan mengalahkan kandidat Republik Patrick Morrisey. Manchin, yang mendukung pengangkatan Brett Kavanaugh sebagai hakim agung, mengkritik Morrisey yang bekerja sebagai pelobi bisnis farmasi dan katanya dia mengambil keuntungan dari krisis opioid di West Virginia.

BACA JUGA: Pemilu Sela AS: Dua Perempuan Muslim Terpilih Duduk di Kongres AS

Demokrat meraih kemenangan besar pertama di Virginia, daerah pinggiran Washington DC, dimana Jennifer Wexton, pengacara dan senator negara bagian, mengalahkan inkumben Republik, Barbara Comstock.

Di Florida, Donna Shalala, mantan menteri kesehatan kabinet Clinton, mengalahkan pesaingnya dari partai Republik. Dua kursi di Pennsylvania, dan dua di Colorado, jadi Demokrat membutuhkan 11 kursi lagi untuk mengambil alih kendali di DPR.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini