KPU Gelar Rakornas Kesiapan Pemilu 2019

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 17 November 2018 11:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 17 605 1979117 kpu-gelar-rakornas-kesiapan-pemilu-2019-ulpL2RqPfq.jpeg KPU menggelar Rakornas Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu 2019 (Foto: Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 di Ecovention Ancol, Jalan Lodan Timur, Ancol Jakarta Utara, Sabtu (17/11/2018).

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengukur kesiapan pihaknya dalam menggelar kontestasi pesta demokrasi Pilpres dan Pileg yang akan berlangsung serentak pada 17 April 2019.

"Pertama, kita mengukur apakah anggaran untuk Pemilu 2019 sudah ada, sudah cukup dan siap digunakan atau tidak. Dan tidak satu pun dari perwakilan baik satker provinsi maupun satker kabupaten/kota menyatakan tidak ada anggarannya. Jadi setidaknya faktor pertama KPU siap karena anggarannya sudah ada," kata Arief.

(Baca Juga: TKN Jokowi-Ma'ruf Setuju KPU Matangkan DPT Pemilu 2019)

Ketua KPU Arief Budiman

Arief melanjutkan, KPU juga mengecek kesiapan para personel mulai dari tingkat pusat maupun daerah. Hasilnya, KPU akan merekrut sekitar 1.309 personel tambahan lantaran banyaknya para penyelenggara Pemilu di daerah yang akan habis masa jabatannya.

"Ini (Rakornas) kurang lebih kalau hadir semua ada sekitar 3.500 delegasi yang berkumpul di ruangan ini terdiri dari ketua dan anggota KPU lima orang dan satu orang sekretaris di masing-masing satuan kerja," paparnya.

Arief menerangkan, saat ini terdapat 12 kabupaten dan kota yang belum lengkap personelnya guna menyelenggarakan Pemilu serentak 2019. Namun, pihaknya telah mengerahkan para personel yang ada di provinsi untuk dikembalikan bertugas di daerah-daerah tersebut.

KPU juga memastikan seluruh penyelenggara Pemilu di Sulteng telah siap bertugas meskipun baru terdampak bencana gempa bumi, tsunami, hingga likuefaksi di daerahnya.

"Kami lakukan pengecekan hingga ke tingkat kecamatan. Seluruh PPK lima orang di kecamatan itu sekarang masih tiga orang. Tapi seluruhnya masih utuh, masih ASN, masih 100 persen jumlahnya dan siap menjalankan tugas. Mereka menyatakan seluruh kecamatan siap dan jumlahnya utuh," imbuhnya.

Ilustrasi

(Baca Juga: Ada 3.307.060 Pemilih Pemilu 2019 yang Diperebutkan di Pulau Madura)

Arief juga mengkroscek bagaimana kesiapan logistik. Sekira 76% kotak suara telah selesai diproduksi dan akan segera didistribusikan ke daerah-daerah. "Sekarang yang masih dalam produksi tinta sampul dan hologram. Memang belum didistribusikan karena (tinta) hitamnya kecil menunggu produksi yang lain," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini