nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah di Purwakarta Tertimbun Longsor, 4 Warga Tewas & 5 Luka Berat

Mulyana, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 12:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 28 525 1983945 rumah-di-purwakarta-tertimbun-longsor-4-warga-tewas-5-luka-berat-9lu7gaNsdI.jpg Longsor di Purwakarta. (Foto: Mulyana/Okezone)

PURWAKARTA - Longsor terjadi di Kampung Karajan, Desa Salam Jaya, Pondoksalam, Purwakarta, Selasa (27/11). Sedikitnya, tiga rumah warga di wilayah itu tertimbun material tanah yang berasal dari longsoran tebing setinggi lima meter.

Tiga rumah tersebut dihuni 9 orang dari tiga keluarga yang tertimbun longsor. Satu rumah di antaranya dihuni pasangan lansia.

Kepala Desa Salam Jaya, Wahyu Faturaman menuturkan, menurut warganya kejadiaan nahas ini terjadi sekira Pukul 20.00 WIB. "Saat itu juga warga dan petugas langsung melakukan pencarian korban yang tertimbun material rumah yang tergerus tanah longsor," ujarnya, Rabu (28/11/2018).

(Foto: Mulyana/Okezone)

Dari 9 korban, 7 korban berhasil dievakuasi tadi malam. Dari 7 korban yang berhasil ditemukan, 5 orang mengalami luka berat dan 2 di antaranya sudah meninggal dunia.

"Dua orang yang meninggal, merupakan pasangan lansia atas nama Ki Bakri (90) dan istrinya Ma Acem (87). Keduanya sudah dievakuasi," jelas dia.

(Baca juga: Rumah Warga Retak Diterjang Longsor Talud Setinggi 8 Meter)

Dia menambahkan, pencarian dua korban yang masih belum ditemukan berlanjut hingga pagi hari. Akhirnya, dua korban tertimbun longsor yang sempat misterius akhirnya berhasil ditemukan setelah 12 jam pencarian.

"Korban dua orang lagi sudah ditemukan sekitar pukul 09.00 WIB. Kedua korban atas nama Iwan (30) dan Intan (7), ditemukan sudah dalam kondisi tak bernyawa," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB), Wahyu Wibisono.

Kedua korban berhasil ditemukan setelah petugas gabungan yang dibantu warga melakukan pencarian. Keduanya merupakan ayah dan anak. "Selanjutnya, kedua korban dievakuasi ke Rumah Sakit Bayu Asih," tambah dia.

"Korban yang meninggal jadi empat orang. Korban yang lima orang mengalami luka berat. Para korban sudah dibawa ke RS," tambahnya.

Wahyu menambahkan, pihaknya mewanti-wanti supaya warga yang bermukim berdekatan dengan lokasi longsor untuk waspada. "Di sekitar lokasi kejadian, ada lima unit rumah yang terancam dan rawan terkena longsor. Jadi, kami imbau supaya warga tetap waspada," tambah dia.

Imbauannya bukan tanpa alasan, mengingat saat ini intensitas curah hujan mulai menunjukan peningkatan. Untuk itu, pihaknya pun akan intensifkan pengawasan di daerah-daerah rawan longsor.

"Pondoksalam merupakan salah satu wilayah yang rawan pergerakan tanah. Jadi, akan selalu kami awasi," pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini