nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hotman Paris: Ada Klaim Bisa Diajukan Keluarga Korban Lion Air, Jumlahnya Jutaan Dolar!

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 02 Desember 2018 16:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 02 337 1985763 hotman-paris-ada-klaim-bisa-diajukan-keluarga-korban-lion-air-jumlahnya-jutaan-dolar-OSc3eJyGan.jpg Hotman Paris (foto: Ist)

JAKARTA - Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea mengatakan, keluarga korban kecelakaan Pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 bisa mengajukan klaim yang jumlahnya jutaan dolar.

Menurut Hotman, dirinya menerima kabar dari Amerika bahwa sudah ada siaran pers yang mengumumkan gugatan class action terhadap Boeing.

"Jadi, kepada keluarga korban Pesawat Lion Air ada klaim yang bisa diajukan sangat besar yaitu third party liability dari Boeing yang akan dibayar perusahaan asuransi di Inggris," ujar Hotman melalui akun media sosialnya, @hotmanparisofficial, Minggu (2/12/2018).

(Baca Juga: Hotman Paris dan Pengacara AS Ajak Keluarga Korban Lion Air Gugat Boeing)

Atas kabar tersebut, Hotman mengingatkan para keluarga korban kecelakaan pesawat yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat untuk tidak menyia-nyiakan kabar yang telah disampaikannya itu, karena jumlah klaimnya besar.

"Jangan sia-siakan itu karena jumlahnya jutaan dolar," tuturnya.

 Hotman Paris dengan pengacara dari AS

Hotman diketahui tengah membantu keluarga korban jatuhnya Lion Air JT 610 dengan mengajukan gugatan terhadap perusahaan Boeing di Amerika Serikat. Ia didampingi pengacara Manuel von Ribbeck dari firma hukum Ribbeck Law Chartered, Chicago, Amerika.

"Mereka pengacara dari Chicago yang sudah setuju bagi keluarga yang mau menggugat Boeing di AS. Mereka siap mewakili dan keluarga korban di Indonesia tidak harus membayar apa pun," kata Hotman di Kopi Johny, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis 29 November.

Sementara Manuel menjelaskan, sudah menjadi firma hukum bagi keluarga Dokter Rio Nanda Pratama yang turut menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air tersebut untuk menggugat Boeing.

"(Kami) sudah gugat Boeing atas nama Dokter Rio, di Pengadilan Cook County, Chicago. Sidang pertama (tanggal) 17 Januari di Cook Caunty," paparnya.

(Baca Juga: Ajakan Hotman Paris Gugat Boeing Terganjal Surat Edaran Lion Air)

Manuel mengatakan, pihaknya menggugat Boeing untuk menuntut ganti rugi sebesar 5 sampai USD10 juta bagi setiap penumpang. Nantinya firma hukum Ribbeck Law Chartered bakal menggali sendiri dengan tim investigasinya untuk mengungkap fakta maupun bukti hukum.

"Jadi hakim di AS tidak tergantung pada hasil penelitian KNKT di sini. Hakim berhak menanyakan faktanya dari nol lagi. Jadi kita akan mencari fakta sendiri, kita akan mencari bukti sendiri, dan kasih itu ke hakim. Dari segi investigasi di AS memang tidak seharusnya pesawat itu terbang, apalagi KNKT mengatakannya kemarin," katanya.

"Jadi, apa pun penelitian KNKT, tetap tugas dari pengacara membuktikan di depan hakim siapa yang bertanggung jawab. Hakim tidak terikat opini siapa pun, termasuk KNKT," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini