Share

Membuat 34 Resep Rendang, Festival Nusantara Marandang Pecahkan Rekor MURI

Putri Rahmadanti, Okezone · Minggu 02 Desember 2018 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 02 340 1985791 membuat-34-resep-rendang-festival-nusantara-marandang-pecahkan-rekor-muri-L9k3B0Pr59.jpg Festival Nusantara Marandang (Foto: Putri/Okezone)

JAKARTA - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno membuka acara "Festival Nusantara Marandang", Minggu (2/12/2018). Festival tersebut pun memecahkan rekor MURI untuk kreasi memasak rendang terbanyak secara bersamaan, yaitu dengan 34 resep masakan yang berbeda sesuai dengan jumlah provinsi di Indonesia.

Acara yang dimeriahkan dengan stand-stand bazar kuliner itu. diisi oleh komunitas Minangkabau di Jakarta serta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Semua aneka masakan rendang tersedia di area Parkir Timur Senayan, Jakarta.

"Naik bus Hiba Utama. Tiket naik sudah dibeli. Festival marandang memang pertama. Tapi lezat dunia sudah berkali-kali," ujarnya, melalui pantun yang dilontarkan.

Sebelum diklaim oleh negara lain, kata Gubernur, acara ini juga ajang untuk mengklaim bahwa rendang itu milik Indonesia. Karena setelah diusut, memang rendang asli Indonesia. Hingga Kementerian Pariwisata menetapkan 5 makanan nasional, dan rendang termasuk di dalamnya.

Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar, Vita Datau, mengatakan apabila rendang sudah beredar di mana-mana, tandanya sudah dapat memegang dunia dan membumbui dunia.

"Bayangkan kalau randang kita ada di mana-mana. Berarti, kita sudah bisa memegang dunia dan membumbui dunia," pungkasnya.

Gubernur Irwan Prayitno, mengatakan, pihaknya memiliki kewajiban untuk mensosialisasikan nusantara marandang untuk dipublikasikan ke mata dunia.

"Kami punya tanggung jawab, untuk mensosialisasikannya, untuk publikasi makanan nusantara marandang," kata irwan.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih terhadap apresiasi masyarakat terhadap festival yang di gelar di Senayan agar dinyatakan di mata dunia "Terima kasih atas partisipasinya, makanan ini merupakan makanan yang mendunia," ucapnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini