Image

Mantap! Perkenalkan Seni Budaya ke Dunia, 10.001 Penari Saman Bakal Cetak Rekor

Rayful Mudassir, Jurnalis · Sabtu, 12 Agustus 2017 - 13:25 WIB
Sebanyak 10.001 penari saman yang bakal mencetak rekor. (Foto: Dok iNews TV Aceh) Sebanyak 10.001 penari saman yang bakal mencetak rekor. (Foto: Dok iNews TV Aceh)

JAKARTA – Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, akan mementaskan tari saman secara massal pada akhir pekan ini. Bahkan gelaran akbar tersebut bakal tercatat di Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) dengan menampilkan 10.001 penari dari penduduk lokal.

Tari saman merupakan salah satu kesenian seni khas Aceh. Penampilan tari massal ini dilakukan untuk memperkenalkan seni budaya Aceh kepada dunia. Bahkan, animo masyarakat cukup tinggi menyambut pertunjukan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues Safruddin menyebutkan, peserta tari saman secara massal merupakan penduduk lokal yang telah tersaring dari seluruh desa di sana. Bahkan, jumlah 10.001 penari diperkirakan lebih saat pertunjukkan pada Minggu 13 Agustus 2017 di Stadion Seribu Bukit Gayo Lues.

"Hari ini kita geladi bersih, geladi terakhir di Stadion Seribu Bukit. Diperkirakan jumlah penari akan terus bertambah. Hari ini saja sudah sekitar 10.327 penari. Jumlahnya bertambah karena animo masyarakat cukup tinggi," kata Safruddin kepada Okezone, Sabtu (12/8/2017).

Ketika ditanya alasan mengambil angka 10.001, Safruddin menyebut tidak ada dasar khusus. Namun, pemerintah setempat ingin melewati rekor sebelumnya yakni 5.057 penari pada 2014. Saat itu Gayo Lues mencatatkan rekor pementasan tari saman dengan jumlah peserta terbanyak.

Kemudian secara syarat, tari saman tidak boleh dibawakan dengan jumlah genap. Sehingga, jumlah orang yang memainkan tarian ini tetap harus dalam angka ganjil. "Pertama, cetak rekor MURI; kemudian memang harus ganjil penari saman itu, tidak boleh genap," jelas Safruddin.

Tari saman sendiri menjadi salah satu kesenian khas Aceh yang cukup dikenal hingga kancah internasional. Organisasi yang fokus pada pendidikan, keilmuan, serta kebudayaan bentukan PBB yakni UNESCO menyatakan tari saman sebagai Karya Tak Benda pada 24 November 2011.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming