nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Fakta Reuni Alumni 212, Ada Penampakan Awan Mirip Lafaz Allah

Neneng Hasanah, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 16:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 03 338 1986196 6-fakta-reuni-alumni-212-ada-penampakan-awan-mirip-lafaz-allah-hFzvh5tZc8.jpg

JAKARTA - Reuni Akbar Alumni 212 telah berlangsung pada Minggu, 2 Desember 2018 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Acara ini menjadi wadah temu kangen bagi yang pernah mengikuti Aksi Bela Islam 212 pada 2016.

Peserta dari berbagai daerah di Tanah Air hadir memenuhi ikon Jakarta itu. Dalam foto terlihat kawasan Monas berubah jadi 'lautan' manusia berpakaian serba putih.

Reuni Akbar 212 Berjalan Tertib dan Damai

Berikut sejumlah fakta menarik terkait Reuni Akbar Alumni 212 yang dirangkum Okezone, Senin (3/12/2018),

1. Suara Habib Rizieq

Pada Reuni 212 kali ini, rekaman suara Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab diputar. Rizieq berpesan kepada seluruh peserta untuk tetap menjaga NKRI, agama Islam, serta menghormati semua umat beragama dan tidak boleh mencaci-maki.

Tak lupa, Rizieq mengingatkan penegak hukum agar berlaku adil, termasuk mengadili penista agama.

Ia juga mengimbau seluruh umat Islam di Indonesia, terkhusus Alumni 212 untuk terus berjuang melakukan perubahan. Kata Rizieq, perubahan tersebut bisa dilakukan pada pemilihan umum yang akan dilaksanakan pada April 2019.

Habib Rizieq.

Rizieq mengatakan, pada pemilihan presiden dan anggota legislatif nanti, haram hukumnya umat Islam memilih capres dan cawapres yang diusung partai penista agama. Ia pun menekankan, capres dam cawapres yang anti agama, Pancasila, dan Kebhinekaan haram dipilih.

Rizieq bahkan mengajak Alumni 212 untuk memilih capres-cawapres hasil dari ijtima ulama dan memilih caleg dari partai keumatan. Seperti yang diketahui, hasil Ijtima Ulama II sepakat mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Akibat dari ucapan tersebut, Reuni 212 terindikasi sebagai kegiatan yang bermuatan gerakan politik atau kampanye terselubung.

2. Awan Berlafaz Allah

Gumpalan awan putih yang membentuk lafaz ‘Allah’ dalam tulisan Arab di langit menjadi fenomena menarik dalam Reuni Akbar Alumni 212. Fenomena ini terlihat oleh para peserta reuni yang berdiri tepat di belakang panggung utama. Mereka pun meneriakkan kalimat takbir berkali-kali sambil mengabadikan fenomena tersebut dengan ponselnya.

(Baca juga: Awan Berlafaz Allah Hebohkan Peserta Reuni 212, Gema Takbir Berkumandang)

Momen ini berlangsung sekira Pukul 08.00 WIB, tak lama setelah kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di atas panggung utama.

212

Humas Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), Endro Sudarsono yang ikut menjadi saksi fenomena unik itu mengatakan, hampir seluruh peserta tertegun dengan pemandangan tak biasa itu.

3. Pernikahan Dua Pasang Kekasih

Berkat sayembara yang dilakukan Ipung Satria di Facebook, dua pasang kekasih melaksanakan akad nikah di tengah acara Reuni 212. Mereka bernama Rido Suryo Nugroho-Zeti Latifah dan Margino-Siska Listriani.

4. Ratusan Peserta Pingsan

Jumlah peserta Reuni 212 yang sangat banyak mengakibatkan ratusan peserta jatuh pingsan. Mereka yang pingsan langsung dibawa ke beberapa posko kesehatan yang berada di Monas.

Peserta 212 pingsan.(Foto: M Rizky/Okezone)

(Baca juga: Cuaca Terik, Ratusan Peserta Reuni 212 Jatuh Pingsan)

Salah satu posko yang ada adalah posko tim kesehatan dan logistik dr. Anna. Anna mengungkapkan, peserta yang pingsan sudah lebih dari 200 orang. Hal tersebut terjadi akibat kekurangan nutrisi, kurang makan dan dehidrasi akibat cuaca terik.

5. Beberapa Anak Sempat Hilang

Beberapa anak peserta Reuni 212 sempat hilang. Salah satunya Naina (6) yang sempat terpisah dengan orang tuanya di Monas. Kemudian ditemukan oleh Satgas TNI PAM Reuni 212 dan diamankan ke Hotel Sriwijaya, Jalan Veteran 1, Jakarta Pusat.

Selain itu, ada Azami (6) yang juga sempat terpisah dari orang tunya usai pelaksanaan Reuni 212. Ibunya mengungkapkan, Azami terlepas dari pegangannya saat Stasiun Gondangdia penuh sesak.

(Baca juga: Bocah Usia 6 Tahun Hilang dari Pegangan Ibunya Usai Hadiri Reuni 212)

Sang ibu pun berhasil menemukan Azami dalam keadaan menangis di pelukan sekuriti stasiun. Sekuriti menjelaskan, Azami ditemukan di tengah kerumunan peserta Reuni 212, tepatnya di tangga masuk.

6.  Menghasilkan 200 Ton Sampah

Reuni 212 yang berakhir pada pukul 13.00 WIB menghasilkan sampah seberat 200 ton. Sampah tersebut berhasil dibersihkan dan diangkut oleh Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta.

Anies Baswedan mengatakan, berkat kerja keras petugas kebersihan, kawasan Monas bisa bersih kembali. Tenaga yang dikerahkan mencapai 1.080 orang.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini