nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Diminta Buat Langkah agar Rakyat Papua Kuat Hadapi Ancaman Separatis

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 07:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 07 337 1987924 pemerintah-diminta-buat-langkah-agar-rakyat-papua-kuat-hadapi-ancaman-separatis-nAdTATTEvb.jpg KKB Papua. (Foto: iNews)

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi menilai pemerintah harus segera melakukan identifikasi anggota kelompok separatis agar ditindaklanjuti oleh aparat TNI-Polri. Upaya ini menyusul terjadinya insiden penembakan terhadap sejumlah pekerja PT Istaka Karya yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di lokasi proyek Jalan Trans-Papua.

Menurut Bobby, pemerintah juga perlu memikirkan ke depannya bagaimana agar masyarakat Papua kuat menghadapi ancaman-ancaman KKB maupun kelompok separatis yang mengganggu kedaulatan NKRI.

(Baca juga: Ini Ulah KKB Papua Sebelum Bantai Para Pekerja)

"Paralel dengan upaya tersebut, pemerintah juga harus memberikan perlindungan kepada warga Papua agar tidak diintimidasi oleh kelompok separatis," jelas Bobby kepada Okezone, Jumat (7/12/2018).

Politikus Partai Golkar ini juga meminta pemerintah membuat kontranarasi terhadap propaganda-propaganda yang dilakukan kelompok separatis di Papua.

"Perlu segera pemerintah pusat membuat kontranarasi secara intensif atas tuduhan-tuduhan kelompok separatis yang mencoba memprovokasi rakyat Papua," ucap Bobby.

Selain itu, menurut Bobby, TNI dan rakyat juga harus saling bersatu serta bersinergi agar kelompok-kelompok separatis itu semakin takut memengaruhi masyarakat.

(Baca juga: Jokowi Tegaskan Pembangunan di Papua Diselesaikan Secepatnya)

"Kemanunggalan TNI dan rakyat perlu diperkuat agar kelompok separatis ini tidak menggunakan rakyat sebagai perlindungan atau tempat bersembunyi," tegasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini