nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca-Serangan KKB, Polri: Distrik Yigi Nduga Sudah Kita Kuasai

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 15:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 07 510 1988167 pasca-serangan-kkb-polri-distrik-yigi-nduga-sudah-dikuasai-M9NHK4fPMH.JPG Kadiv Humas Polri, Brigjen Muhammad Iqbal. (Foto : Okezone)

SLEMAN – Kepala Divisi Humas Polri, Brigjen M Iqbal memastikan aparat telah menguasai Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, pascapenyerangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap pekerja yang tengah membangun jembatan.

Pascapenyerangan terhadap pekerja proyek itu, Kapolda Papua dan Pangdam langsung memimpin operasi di lapangan.

“Alhamdulillah kita sudah kuasai di Nduga,” jelas M Iqbal di sela pengukuhan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) jadi tipe A, di Mapolda DIY, Jumat (7/12/2018).

Menurutnya, ada belasan orang tewas dan sudah berhasil dievakuasi. Beberapa yang selamat juga sudah bertemu dengan keluarganya. Untuk itulah Polri akan melakukan investigasi sesuai dengan standar dan operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

“Berapa jumlah pastinya, kita sedang olah TKP di sana,”jelasnya.

Untuk menuntaskan kasus ini, Iqbal mengatakan, TNI bersama dengan Polri akan mengejar mereka. Mereka akan ditangkap dan diproses hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Iqbal juga tidak mau berspekulasi atau mengakui statement dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) jika mereka yang bertanggungjawab atas penembakan ini. Namun, menurutnya, semuanya akan berdasarkan pada hasil investigasi di lapangan. Apakah ada kaitan dengan OPM atau tidak.

(Baca Juga : Ini Ulah KKB Papua Sebelum Bantai Para Pekerja)

Ia mengakui, tak mudah bagi petugas untuk menguasai medan di Nduga. Itu karena kondisi geografis di wilayah yang berupa perbukitan. Selain itu, faktor keamanan juga menjadi pertimbangan.

“Kita turunkan tim profesional yang berpengalaman. Mereka tidak akan grasak-grusuk. Kita akan jamin Papua aman,” jelasnya.

(Baca Juga : Kesaksian Pekerja Selamat Lihat 2 Rekannya Dibunuh KKB Papua)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini