nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri Lihat Ada Kesamaan Kasus Pembuangan E-KTP di Duren Sawit dan Bogor

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 14:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 10 337 1989187 mendagri-lihat-ada-kesamaan-kasus-pembuangan-e-ktp-di-duren-sawit-dan-bogor-01tk3SytMn.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (foto: Okezone)

JAKARTA - Ribuan keping KTP Elektronik (e-KTP) yang tercecer di Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, menjadi sorotan. Pasalnya kasus serupa pernah terjadi di daerah-daerah lainnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengindikasikan pelaku pembuangan e-KTP di Duren Sawit sama dengan kasus di Bogor pada Mei 2018 lalu.

(Baca Juga: Warga Duren Sawit Temukan Ribuan E-KTP di Dalam Karung) 

"Kita cari siapa yang tanggung jawab, siapa yang buang karena indikasi orang yang sama yang dulu di Bogor sekarang tercecer di Duren Sawit. Rumahnya kok berdekatan mudah-mudahan bisa diungkap apa motivasinya," ujar Tjahjo di acara Rakornas Bawaslu, Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Senin (10/12/2018).

Penemuan E-KTP Dalam Karung di Duren Sawit (foto: Istimewa)	Penemuan E-KTP Dalam Karung di Duren Sawit (foto: Istimewa) 

Tjahjo mengaku belum mengetahui motif dari pada pembuangan e-KTP itu. Pasalnya saat ini polisi sedang menyelidiki kasus tersebut. Namun, dia melihat kasus ini dapat memantik kegaduhan di tahun politik.

"Kami tunggu hasil penyidikan tuntas dari polisi. Kalau saya melihat ada indikasinya (memantik kegaduhan) ada unsur di sana walau itu e-KTP sudah kadaluwarsa," terang Tjahjo.

(Baca Juga: DPR Minta Penjelasan Mendagri Terkait Temuan Ribuan E-KTP di Duren Sawit) 

Dia menambahkan, pihaknya sudah melakukan investigasi internal terkait kasus ini. Namun ia tidak ingin mendahului hasil penyelidikan oleh aparat Kepolisian. Kata dia, siang ini Kemendagri akan menggelar konferensi pers usai bertemu Kabareskrim Polri.

"Sudah ada (investigasi internal). Kami nggak mau dahului polisi. Nanti ada konpers resmi setelah kami ketemu Kabareskrim," tutup dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini