nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indahnya Gunung Semeru "Bertopi Awan", Ini Penjelasan BNPB

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 09:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 11 519 1989530 indahnya-gunung-semeru-bertopi-awan-ini-penjelasan-bnpb-qiQY7tKA6R.jpg Awan menutup puncak Gunung Semeru, Jawa Timur. Foto: Okezone/Instagram Ndorobeii

MALANG - Fenomena unik terjadi di atas puncak Gunung Semeru pada Senin, 10 Desember 2018. Gunung tertinggi di Jawa Timur, itu tampak seolah tertutup topi lantaran adanya awan yang menaungi di atasnya.

Fenomena ini sontak menarik sejumlah wisatawan dan masyarakat sekitar yang mengabadikan momen langka ini.

Beberapa masyarakat Malang sempat mengaitkan fenomena topi di Gunung Semeru sebagai pertanda banjir bandang yang akan melanda Kota Malang.

Kota Malang pada Senin sore diterjang angin kencang dan banjir bandang yang membuat sejumlah unit mobil terseret arus air. Bahkan satu unit mobil ringsek tak berbentuk lantaran masuk sungai.

Diduga banjir di Kota Malang akibat sejumlah saluran air yang tertutup sampah yang dibuang oleh orang tak bertanggung jawab.

Kepala Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun resmi twitternya, menjelaskan fenomena Gunung Semeru mengenakan topi.

"Gunung Semeru bertopi. Puncak gunung tertutup awan jenis lentikularis atau altocumulus lenticularis. Awan ini akibat adanya pusaran angin di puncak. Ini fenomena alam biasa saja. Tidak usah dikaitkan dengan mistis apalagi politik," tulis Sutopo di Twitter-nya dikutip Okezone, Selasa (11/12/2018).

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini