Share

Mesir Tangkap Dua Orang Terkait Insiden Foto Telanjang di Piramida Giza

Indi Safitri , Okezone · Jum'at 14 Desember 2018 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 14 18 1991244 mesir-tangkap-dua-orang-terkait-insiden-foto-telanjang-di-piramida-giza-ex3y9k9llP.jpg Foto: Screengrab YouTube.

KAIRO – Otoritas Mesir pada Kamis, 13 Desember, menangkap seorang penunggang unta dan seorang perempuan yang dituduh membantu dua warga Denmark mendaki Piramida Besar Giza untuk mengambil video dan foto telanjang di sana sehingga menimbulkan kemarahan di Negara Afrika Utara itu.

Kementerian dalam negeri mengatakan bahwa perempuan itu menjadi kontak antara pasangan tersebut dengan penunggang unta yang ke lokasi itu secara ilegal pada malam hari pada 29 November dengan bayaran sebesar USD225 (sekira Rp3 juta).

Keduanya telah mengakui peran mereka dalam insiden itu dan akan diadili. Demikian dilaporkan AFP, Kamis (14/12/2018).

Dalam sebuah video berjudul "Memanjat Piramida Besar Giza", fotografer Denmark, Andreas Hvid terlihat mendaki makam berusia 4.500 tahun yang terletak di pinggiran Kota Kairo itu dengan seorang perempuan yang kemudian terlihat melepas baju atasannya.

Hvid mengatakan video itu diambil pada akhir November dan di-posting di YouTube pada 8 Desember. Video itu mendorong otoritas Mesir melalui Jaksa Penuntut Umum untuk melakukan penyelidikan.

Sebuah foto yang juga dirilis oleh Hvid memperlihatkan pasangan itu benar-benar telanjang di atas satu sama lain sambil melihat ke arah piramida terdekat.

Video berdurasi hampir tiga menit sejauh ini telah mencapai 4.5 juta penayangan di YouTube dan menimbulkan kecaman publik di Mesir.

"Peradaban berusia 7.000 tahun telah berubah menjadi seprei," kata seorang pengguna twitter di Mesir.

Hvid, 23, telah menjelaskan kembali kepada surat kabar Denmark, Ekstra Bladet bahwa ia telah "bermimpi selama bertahun-tahun mendaki Piramida Besar" serta mengambil foto telanjang.

Warga Denmark yang mengelola kanal Youtubenya sendiri itu mengatakan perempuan dalam video itu bukanlah pacarnya. "Itu hanya sebuah pose. Kami tidak melakukan hubungan seksual," katanya.

Piramida Agung merupakan yang terbesar di Giza, berdiri setinggi 146 meter, dan satu-satunya struktur yang masih bertahan dari tujuh keajaiban dunia kuno.

Mendaki piramida adalah perbuatan yang dilarang di Mesir. Pada 2016, seorang turis Jerman dilarang memasuki negara itu lagi untuk semasa hidupnya setelah ia mem-posting rekaman online pendakian salah satu bangunan kuno tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini