nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Guguran Lava Merapi Kembali Jatuh ke Arah Kali Gendol

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 17:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 21 510 1994489 guguran-lava-merapi-kembali-jatuh-ke-arah-kali-gendol-rDmWyWNM6R.jpg Gunung Merapi (Foto: Ist)

YOGYAKARTA – Guguran lava kembali terjadi di Gunung Merapi yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah pada Jumat (21/12/2018), tepatnya pada pukul 12.21 WIB. Guguran lava ini mengalir ke Kali Gendol dengan durasi 129 detik.

Dalam siaran persnya, Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan dan Geologi (BPPTKG) melansir adanya guguran lava ke hulu Kali Gendol dengan durasi 129 detik. Jarak luncurnya diperkirakan sejauh 1 kilometer. Berdasarkan data seismic, amplitude guguran 71 milimeter.

“Saat kejadian cuaca di sekitar Gunung Merapi Berkabut,” terang Kepala BPPTKG Hanik Humaida.

(Baca Juga: Guguran Lava Pijar Gunung Merapi Jatuh ke Kali Gendol)

Gunung Merapi

Meski ada peningkatan aktivitas berupa guguran lava, namun status Merapi tetap pada level 2 waspada. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Namun, masyarakat di kawasan rawan bencana (KRB) III juga harus mengikuti perkembangan informasi aktivitas Gunung Merapi.

“Sampai radius 3 kilometer tetap harus dikosongkan dan tidak boleh ada aktivitas disana,” jelasnya.

Pada kondisi ini, BPPTKG juga tidak memberikan dan melarang adanya aktivitas pendakian. (Baca Juga: Muncul Kubah Lava Baru di Gunung Merapi, Guguran Lava Diprediksi Sering Terjadi)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini