nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Bicarakan Rencana Reunifikasi, Taiwan Pamerkan Rudal Supersoniknya

Indi Safitri , Jurnalis · Jum'at 04 Januari 2019 18:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 04 18 2000077 china-bicarakan-rencana-reunifikasi-taiwan-pamerkan-rudal-supersoniknya-Y3EY0VgTWc.jpg Foto: Ist.

TAIPEI – Taiwan merilis video yang memamerkan sistem rudal supersonik yang mampu menangkal kapal perang China. Video itu dirilis di saat Presiden China, Xi Jinping meningkatkan retorikanya tentang penyatuan Taiwan kembali sebagai wilayah China dalam pidatonya pada periode Tahun Baru.

Diwartakan News.com.au pada Jumat (4/1/19), Taiwan yang berpenduduk hampir 24 juta warga itu melihat pidato Xi sebagai niat pencaplokan diplomatik dari China. Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen menyatakan mayoritas rakyatnya menolak penyatuan dengan China.

BACA JUGA: Xi Jinping: Taiwan "Harus dan Akan" Bergabung Kembali dengan China

Dalam pidatonya, Xi menegaskan keinginan China untuk menjadikan kembali Taiwan sebagai wilayahnya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Taiwan merilis video yang memamerkan sistem rudal supersonik yang mampu menangkal kapal perang China.

Angkatan Laut Taiwan membagikan video itu hanya beberapa jam sebelum presiden China menyampaikan pidatonya

Pada satu bagian dalam video, sebuah rudal anti-kapal Hsiung Feng-3 terlihat diluncurkan dari kapal frigat Angkatan Laut Taiwan. Video tersebut memperlihatkan apa yang telah dilakukan Taiwan untuk meningkatkan kekuatan militernya dalam beberapa dekade terakhir.

BACA JUGA: Taiwan Tolak Konsep "Satu Negara Dua Sistem" yang Diajukan China

Menurut Asia Times, berkat sistem radar canggihnya, rudal tersebut dapat menembus pertahanan kapal musuh ketika meluncur dengan kecepatan supersonik hingga Mach 3.0.

Pada September terungkap bahwa Taiwan sudah mulai mengembangkan rudal Hsiung Feng yang diluncurkan dan dirancang setelah desain model generasi ketiga untuk meningkatkan pertahanannya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini