Pakai Baju Putih di Foto Surat Suara, Ma'ruf Amin: Kita Ingin Tampil Bersih

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 04 Januari 2019 13:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 04 605 1999891 pakai-baju-putih-di-foto-surat-suara-ma-ruf-amin-kita-ingin-tampil-bersih-8VEAT1UEcW.jpg Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin. (Foto: Sarah Hutagaol/Okezone)

JAKARTA – Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, baru-baru ini telah menentukan foto yang akan digunakan di surat suara Pilpres 2019. Kiai Ma'ruf menjelaskan dipilihnya baju berwarna putih lantaran mereka memiliki kesukaan warna yang sama. Selain itu, putih juga mencerminkan bentuk kampanye yang bersih, seperti slogan yang selama ini merea usung.

"Kebetulan Jokowi suka pakai baju putih, saya juga suka pakai baju putih. Kebetulan Pak Jokowi dengan saya sama-sama suka yang putih-putih. Artinya kan, filosofinya, suka yang bersih," ujar Kai Ma'ruf Amin saat ditemui di kediamannya, Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/1/2019).

(Baca juga: Pramono Anung Bocorkan Foto Jokowi-Ma'ruf di Surat Suara Pilpres 2019)

"Jadi kita ingin tampil yang bersih dan juga berkampanye bersih. Kita menang tapi juga bersih. Semua kita enggak ingin kotori suasana pilpres ini dengan perilaku atau ucapan atau cara-cara yang tidak bersih lah. Karena itu, maka kita tampil seperti itu dengan baju putih, sorban putih, tampilkan suasana yang bersih," paparnya.

Jokowi-Ma'ruf Amin. (Foto: Twitter @pramonoanung)

Mengenai peci yang juga mereka kenakan, Kiai Ma'ruf menerangkan bahwa itu merupakan salah satu ciri khas Indonesia. Ia berharap sebagai pemimpin bisa mencerminkan salah satu ciri tersebut, bahkan ketika pelantikan, pejabat negara menggunakan peci.

(Baca juga: Ma'ruf Amin Lepas Keberangkatan Tim Medis Rejo untuk Bantu Korban Tsunami Banten)

"Kan salah satu ciri kita di Indonesia itu peci. Kita ingin bahwa kita sebagai pemimpin Indonesia yang harus mencerminkan ciri khasnya, salah satunya adalah pakai peci," ungkap Kiai Ma'ruf Amin.

"Pemimpin dulu dari Bung Karno, Bung Hatta, kan mereka pakai peci. Kalau ada pelantikan menteri, presiden, pakai peci. Makanya kita tampilkan ciri Indonesia," paparnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini