nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kembali Erupsi, Gunung Anak Krakatau Semburkan Abu hingga 1.500 Meter

Erha Aprili Ramadhoni, Jurnalis · Sabtu 05 Januari 2019 15:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 05 340 2000373 kembali-erupsi-gunung-anak-krakatau-semburkan-abu-hingga-1-500-meter-YdtzqHiKQW.jpg Gunung Anak Krakatau. (Twitter/@vulkanologi_mbg)

JAKARTA – Gunung Anak Krakatau, Lampung, kembali erupsi pada Sabtu (5/1/2019) siang, sekira pukul 11.11. WIB. Gunung tersebut menyemburkan abu dengan setinggi sekira 1.500 meter dari atas puncak atau sekira 1.610 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, abu dengan warna kelabu itu bergerak ke arah barat daya. Erupsi itu terekam dalam seismogram.

Erupsi Gunung Anak Krakatau (Dok/BNPB)

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 18 mm dan durasi ± 1 menit 5 detik," demikian informasi dari PVMBG.

(Baca Juga : Erupsi Gunung Anak Krakatau Terlihat Jelas di Kota Cilegon)

Saat ini, status Gunung Anak Krakatau masih berada dalam Level III atau siaga. Masyarakat diimbau untuk menjauh dengan radius sekira 5 km dari kawah Gunung Anak Krakatau.

"Masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 km dari kawah."

(Baca Juga : Gunung Anak Krakatau Alami Gempa Vulkanik 3,4 SR, Tak Berpotensi Tsunami)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini