nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dianggap Bocorkan Rahasia Militer, Surat Kabar Nigeria Digerebek Tentara

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 07 Januari 2019 15:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 07 18 2001052 dianggap-bocorkan-rahasia-militer-surat-kabar-nigeria-digerebek-tentara-sP8dWDwVVW.jpg Foto: Reuters.

ABUJA – Tentara Nigeria menggerebek kantor-kantor surat kabar Daily Trust dan menahan dua jurnalisnya menyusul dipublikasikannya sebuah artikel mengenai pertempuran antara militer Nigeria dengan kelompok ekstremi Islam di timur laut negara itu. Daily Trust dituding telah membocorkan rahasia militer Nigeria dalam laporan tersebut.

Diwartakan Reuters, Senin (7/1/2019) Daily Trust menerbitkan foto-foto di laman jejaringnya tentang tentara bersenjata yang menyerbu kantor pusatnya di ibukota, Abuja. Surat kabar itu juga mengatakan militer telah menutup kantornya di kota timur laut Maiduguri setelah menangkap seorang editor regional dan seorang wartawan.

Dalam pernyataan yang disampaikan melalui surel, tentara Nigeria mengatakan bahwa Daily Trust telah memublikasikan sebuah artikel pada Minggu yang "Membocorkan informasi militer rahasia, sehingga membahayakan keamanan nasional".

Dikatakan bahwa para wartawan itu ditangkap agar mereka menyadari pentingnya keamanan nasional dan bukan karena militer bermaksud membungkam pers. Pernyataan itu dikeluarkan beberapa jam setelah presiden mengomentari penggerebekan itu.

"Pemerintah Federal telah mengarahkan militer untuk mengosongkan bangunan @daily_trust dan perintah telah dipatuhi," demikian disampaikan Juru Bicara Kepresidenan Nigeria, Garba Shehu melalui Twitter.

"Masalah antara militer dan surat kabar karena mereka mempengaruhi liputan perang di Timur Laut akan diselesaikan melalui dialog," tambahnya.

Nigeria terlibat pertempuran dengan kelompok teror ekstremis Boko Haram sejak 2009. Kelompok teror yang telah bersumpah setia kepada ISIS tersebut telah menewaskan lebih dari 30.000 orang sejak pertempuran dimulai.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini