nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Puluhan Los Pedagang di Yogya, Kerugian Mencapai Rp1,9 Miliar

Agregasi Harian Jogja, Jurnalis · Senin 07 Januari 2019 11:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 07 510 2000912 kebakaran-puluhan-los-pedagang-di-yogya-kerugian-mencapai-rp1-9-miliar-7f7u2Uv5Tn.jpg Kebakaran di Taman Parkir Senopati Yogyakarta. (Foto: Desi Suryanto/Harian Jogja)

YOGYAKARTA – Total ada 35 kios atau los milik pedagang yang hangus terbakar dalam kebakaran di Taman Parkir Senopati, Jalan Panembahan Senopati, Kelurahan Prawirodirjan, Gondomanan, DIY, pada Minggu 6 Januari 2019 malam. Kebakaran hebat ini tepatnya terjadi di dekat Kantor Pajak Pratama Kota Yogyakarta atau di seberang depan Taman Pintar Yogyakarta dan hanya sekira 50 meter dari titik nol kilometer kawasan Malioboro.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana mengatakan, kios di Taman Parkir Senopati itu sehari-hari menjual berbagai aksesori, pakaian, hingga oleh-oleh khas Yogya. Di sana biasanya juga menjadi tempat parkir bus-bus besar yang mengangkut wisatawan.

(Baca juga: Puluhan Los Pedagang di Dekat Taman Pintar Yogya Terbakar)

"Kerugian diperkirakan mencapai kurang lebih Rp1,9 miliar. Dugaan sementara karena arus pendek," katanya, Senin (7/1/2019).

Ilustrasi kebakaran. (Foto: Ist)

Biwara mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dengan hal-hal yang bisa memicu kebakaran. Mengingat, seringkali ada yang menyepelekan hal kecil seperti instalasi listrik, api dari kompor, lilin, atau alat elektronik lainnya yang dapat memicu arus pendek listrik.

(Baca juga: Kebakaran di Jembatan Lima Jakbar, 1 Rumah dan 2 Mobil Hangus)

"Atau, penempatan barang mudah terbakar berdekatan dengan sumber api. Masyarakat harus mempunyai kesadaran dan kemampuan menerapkan mitigasi bencana kebakaran dengan mencermati setiap potensi yang bisa menimbulkan kebakaran," imbaunya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini