nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Jatim Lakukan Digital Forensik untuk Bongkar Prostitusi Online Vanessa Angel

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 15:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 08 519 2001568 polda-jatim-lakukan-digital-forensik-untuk-bongkar-prostitusi-online-vanessa-angel-iyvmaN6oDY.jpg Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera/Kanan (foto: Syaiful/Okezone)

SURABAYA - Polda Jawa Timur (Jatim) melibatkan Tim Digital Forensik untuk membuka data handphone (HP) milik muncikari prostitusi online artis berinisial ES dan TN. Melalui digital forensik, akan diketahui data digital mengenai percakapan dua muncikari prostitusi online yang melibatkan Vanessa Angel dan Avriellia Shaqila.

Bahkan transaksi apa yang dilakukan kedua muncikari juga akan diketahui. Hari ini HP milik TN dan ES sudah dikirim ke Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim untuk dibuka.

(Baca Juga: Polisi Siapkan Konstruksi Hukum soal Prostitusi Online Vanessa Angel) 

"Polda Jatim telah menyiapkan segala sesuatu berhubungan dengan data otentifikasi yang kita siapkan, salah satunya hari ini melakukan digital forensik di Labfor Polda Jatim terhadap HP milik TN dan ES," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera, Selasa (8/1/2019).

 

Menurut Barung, nanti setelah dibuka digital forensik akan diketahui percapakan pada siapa saja, transaksi di mana dan apa yang dibicarakan. "Digital forensik dalam rangka menjawab nanti segala kebutuhan informasi yang diinginkan publik. Kita serius membongkar kasus ini. Nama-nama yang diungkap pak Kapolda harus di-back up segala sesuatunya dengan data yang valid dan tidak keliru," urainya.

Barung menambahkan, untuk melakukan digital forensik membutuhkan waktu 3 sampai 7 hari. Sebab, harus menghubungi provider yang digunakan oleh dua muncikari tersebut.

(Baca Juga: Vanessa Angel Hanya Dapat Rp35 Juta dari Mucikari) 

Sebelumnya diberitakan, Penyidik Subdit Siber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim melaksanakan gelar konstruksi internal terkait kasus prostitusi online artis yang menyeret nama Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila. Dalam kasus ini, polisi menetapkan dua tersangka karena bertindak sebagai muncikari.

Kedua tersangka itu ES (37) warga Jakarta Selatan dan TN (28) warga Jakarta. Keduanya ditangkap pada lokasi yang berbeda. Untuk tersangka ES ditangkap saat berada di sebuah hotel, Surabaya. Sedangkan TN ditangkap di Apartemen Bussura City Tower Alamanda Cipinang, Jakarta Timur.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini