Caleg PKS Boyolali Dilaporkan Terkait Dugaan Politik Uang

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 03:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 08 606 2001292 caleg-pks-boyolali-dilaporkan-terkait-dugaan-politik-uang-g66bMYOoKH.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

SEMARANG – Seorang calon legislatif (caleg) asal Boyolali, Jawa Tengah dilaporkan ke polisi lantaran diduga melakukan praktik politik uang. Kasus tersebut bahkan sudah P21 dan akan dilimpahkan ke Kejaksaan.

“Jadi, kalau yang sudah sampai di kepolisian yakni Kabupaten Boyolali. Itu terkait dengan dugaan pelanggaran politik uang yang dilakukan oleh caleg PKS. Hari ini nanti akan dilimpahkan ke Kejaksaan," kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jateng, Anik Solihatun, Senin (7/1/2019).

Menurutnya, pada masa kampanye ini terdapat dua kasus yang sudah masuk ke ranah kepolisian. Selain di Boyolali terdapat di Wonosobo, yakni dugaan penggunanaan fasilitas pemerintah yang digunakan caleg.

“Kemudian yang di Kabupaten Wonosobo juga akan dilimpahkan ke Kejaksaan pada Rabu nanti. Itu terkait dugaan penggunaan fasilitas pemerintah. Satu lagi, yang sekarang masih di Bawaslu yaitu dugaan keterlibatan kades di Kabupaten Tegal, hari ini juga akan dilimpahkan ke kepolisian,” paparnya.

Bawaslu Jateng mencatat terdapat sejumlah pelanggaran administratif yang dilakukan oleh peserta Pemilu di sejumlah daerah. Kota Pekalongan menempati urutan pertama karena ditemukan pelanggaran paling banyak yakni mencapai 26 kasus.

“Kemudian yang dilakukan penanganan oleh teman-teman Bawaslu, sebagian besar adalah pelanggaran APK dan pelanggaran kampanye tanpa STTP (Surat Tanda Terima Pemberitahuan) dari kepolisian. Pekalongan ada 26 kasus, Kudus 21 kasus, kemudian diikuti Banyumas 20 kasus,” jelas Anik.

Sedangkan pelanggaran administratif kata dia, didominasi pelanggaran APK dan pelanggaran kampanye tanpa STTP. "Jadi, ini juga sekaligus mengingatkan peserta pemilu, bahwa ketika melakukan kampanye memang prosedurnya harus meminta STTP ke kepolisian lebih dulu,” tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini