Elektabilitas Menuju Parlemen Belum Aman, PAN Tetap "Pede"

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 13:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 10 606 2002562 elektabilitas-menuju-parlemen-belum-aman-pan-tetap-pede-vd1dG7jUz2.jpg Ketua DPP PAN Yandri Susanto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) belum aman. Sehingga dibutuhkan perjuangan untuk bisa lolos ambang batas parlemen.

Merespons hal itu, Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengaku tak mau mengambil pusing mengenai hasil survei LSI itu. Sebab, ia percaya diri (pede) partainya akan menembus ambang batas parlemen dan menilai survei acap kali berbeda dengan hasil sebenarnya.

"Buka aja rekam jejaknya tapi selalu saja hasilnya meleset. LSI tidak pernah mensurvei PAN dari lebih dari 2 persen. Tapi hasilnya PAN tuh lebih dari 7 persen setiap pemilu," ungkap Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

(Baca Juga: Hanura, PKPI dan PBB Terancam Tak Lolos ke DPR

Ilustrasi

Dalam hasil survei LSI, elektabilitas partai berlambang matahari ini hanya berada di angka 1,8 %. Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil survei sosok Amien Rais sudah memudar sehingga tak memberikan dampak untuk mendongkrak suara.

Meski begitu, Yandri tak ingin mempersoalkan analisa LSI tersebut. Sebab, dirinya meyakini sosok Amien Rais masih bisa memberikan elektoral terhadap partainya.

"Ya sekali lagi itu analisa yang salah. Ya namanya orang mungkin dipesan ya. Saya kira dan kita enggak apa-apa. Pendapat dia itu biasa-biasa saja," tutur Yandri.

(Baca Juga: 5 Besar Parpol Pemilu 2019 Versi LSI Denny JA

Sebelumnya, LSI merilis hasil survei elektabilitas parpol peserta 2019. Hasilnya, ditemukan lima parpol dengan perolehan suara terbesar atau big five.

Lima parpol dengan perolehan suara terbesar itu, di antaranya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gerindra, Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Demokrat.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini