nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paparan Abu Vulkanik Gunung Agung hingga Buleleng

Agregasi Balipost.com, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 12:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 11 244 2002999 paparan-abu-vulkanik-gunung-agung-hingga-buleleng-MDkT1T5vO8.jpg Ilustrasi Gunung Agung (Ist)

SINGARAJA – Paparan abu vulkanik Gunung Agung yang erupsi pada Kamis 10 Januari 2019 malam hingga ke Buleleng. Beberapa warga menemukan sebaran abu dengan intensitas tipis di sejumlah benda.

Kebanyakan ditemukan di atas jok sepeda motor atau kaca dan sebagian pada bodi mobil yang diparkir di halaman rumah. Seperti ditemukan oleh Kadek Kariana, warga Jalan Gajah Mada, Singaraja. Dia menemukan debu abu-abu halus menyebar pada bodi mobil anaknya.

 Baca juga:Gunung Agung Kembali Erupsi, PVMBG Keluarkan Peringatan Ini

Merasa ganjil dengan temuan itu, Kariana kemudian berusaha mengelap bodi mobil memakai kain halus. Setelah kain dihapuskan pada kaca dan bodi mobil, lap putih itu tampak kotor oleh debu halus.

 https://a-k.okeinfo.net/photos/2018/06/29/51251/259480_medium.jpg

Selain itu, Kariana juga menemukan sebaran debu menempel di atas bodi sepeda motor miliknya. Sepeda motor itu dipenuhi butiran debu halus.

 Baca juga: Aktivitas Gunung Agung Meningkat, Abu Vulkanik Mengarah ke Barat Laut

Sementara itu Sekretaris Badan Pennggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng Ketut Susila membenarkan abu vulkanik Gunung Agung ditemukan di beberapa desa di Buleleng. Dari laporan yang masuk ke BPBD, wilayah perkotaan dan desa-desa di Buleleng timur termasuk yang terpapar abu vulkanik itu.

“Laporan yang masuk wilayah kota dan Buleleng timur, terutama desa-desa yang lokasinya agak ke selatan yang ditemukan paparan debu vulkanik,” katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini