nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria Tercebur ke Sumur 20 Meter, Penyelamatannya Berlangsung Dramatis

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 18:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 11 512 2003273 pria-tercebur-ke-sumur-20-meter-penyelamatannya-berlangsung-dramatis-o7YALDWqyS.jpg (Foto: Taufik Budi/Okezone)

JEPARA - Tim SAR gabungan berjuang keras menyelamatkan orang sakit yang tercebur ke sumur di Jepara, Jawa Tengah. Sempitnya lubang sumur dengan kedalaman 20 meter menjadi tantangan bagi petugas untuk menyelamatkan korban yang kian lemas.

Korban bernama Sutrisno (44), warga Desa Guyangan RT 3 RT 8, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Sutrisno yang sedang sakit diduga hilang keseimbangan terpeleset dan jatuh ke sumur.

Peristiwa itu pertama kali diketahui Sutinah (39), istri korban yang cemas saat suaminya tak kunjung masuk ke rumah. Setelah 10 menit berlalu sekira Pukul 14.45 WIB, dia pun berinisiatif menghampiri sumur. Betapa terkejutnya ia saat melihat suaminya berada di dalamya.

Foto: Taufik Budi/Okezone

Sutinah berteriak minta tolong hingga warga berdatangan. Segala upaya dilakukan namun belum membuahkan hasil. Warga pun kemudian menghubungi Tim SAR untuk menolong korban.

“Dengan informasi tersebut Tim SAR memberangkatkan satu tim rescuer untuk melaksanakan operasi dengan membawa peralatan alat mountenering,” kata Koordinator Pos SAR Jepara Whisnu Yuas, Jumat (11/1/2019).

Dalamnya sumur dan sempitnya lubang menjadi kendala Tim SAR Gabungan dalam mengevakuasi korban. Meski demikian, perjuangan berat tim SAR akhirnya membuahkan hasil. Korban bisa diangkat hingga atas dalam kondisi selamat.

(Baca juga: Tercebur di Sumur Tua, Paman & Keponakan Tewas)

Proses evakuasi berlangsung dramatis. Petugas yang tiba segera memasang sejumlah tiang bambu berbentuk limas di atas sumur. Ujung limas diikat dengan tali agar kokoh. Tali panjang menjuntai hingga dasar sumur pun disiapkan untuk menolong korban.

Foto: Taufik Budi/Okezone

Anggota tim yang diterjunkan ke lokasi dipilih yang ukuran tubuhnya memadai untuk masuk sumur karena diameter lubang sumur hanya sekira 70 cm.

Seorang petugas bergegas turun masuk sumur. Di tengah sempitnya sumur yang pengap, dia harus berpacu dengan waktu. Korban harus segera dievakuasi karena kondisinya semakin lemah.

Petugas kemudian mengikat tubuh korban untuk diangkat. Secara perlahan, tubuh Sutrisno diangkat. Sejumlah warga termasuk istri korban yang menunggu di sekitar sumur hanya bisa menahan napas sembari berdoa.

Foto: Taufik Budi/Okezone

Perjuangan Tim SAR Gabungan akhirnya membuahkan hasil. Korban bisa diangkat dalam kondisi selamat. Warga terutama istri korban tak dapat menyembunyikan kebahagiannya.

Korban kemudian dilarikan ke RSUD Kartini, Kabupaten Jepara. Upaya pertolongan korban itu melibatkan Tim SAR Gabungan yakni Basarnas Pos SAR Jepara, BPBD, Polsek, Koramil, PMI, Ubaloka, Jepara Rescue, Bagana, dan MDMC.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini