Eks-Komisioner KPU: Dulu Kontestan Debat Nurut, Sekarang Sebaliknya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 11:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 12 605 2003492 eks-komisioner-kpu-dulu-kontestan-debat-nurut-sekarang-sebaliknya-c9dFf5xTsc.jpg Polemik MNC Trijaya (Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA - Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigit Pamungkas menyayangkan tidak adanya ketegasan dari KPU dalam menyelenggarakan debat Pilpres 2019. Seharusnya, KPU memegang kendali penuh tanpa berkompromi dengam tim sukses capres.

"Dulu dia (KPU), menentukan aturan main sehingga kontestan menuruti penyelenggara pemilu, kalau sekarang penyelenggara pemilu menyerahkan pada kontestan," kata Sigit dalam diskusi akhir pekan Polemik MNC Trijaya, dengan tema 'Jelang Debat siapa Hebat', di d'consulate resto, KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

 Baca juga: BPN Prabowo: Moeldoko Timses Jokowi atau Kepala Staf Kepresidenan Sih?

Sigit mengatakan, dahulu pihaknya memegang penuh kendali tanpa campur tangan dari tim sukses. Hal itu menunjukkan, independen dari sebuah lembaga penyelenggara Pemilu.

Jadwal Debat Capres

"Dalam penyusunan tema debat, kalau sekarang tema debat disusun berdasarkan konsensus pasangan calon. Dulu disusun oleh pakar yang ditentukan oleh KPU tanpa berkoordinasi dengan paslon," ujarnya.

Baca juga: Elektabilitas Kembali Unggul di Lembaga Survei, PDIP Yakin Jokowi-Ma'ruf Tak Akan Terkejar

Sigit menjelaskan terkait dengan tema debat, berasal dari panelis ahli yang ditunjuk langsung oleh KPU. Sedangkan debat kali ini panelis disusun oleh konsensus paslon nomor urut 01 dan 02.

"Untuk pertanyaan debat dulu disusun oleh moderator, dulu mereka (moderator) turut merumuskan pertanyaan. Sekarang disusun tim panelis, dulu tim panelis menggarap isu-isu strategis, bahkan kami dulu penyelenggara pemilu sampai tidak tahu. Kalau sekarang moderator sekadar membacakan," kata dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini