Debat Capres, BPN Pastikan Prabowo Siap Jawab "Pertanyaan Musiman"

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 17 Januari 2019 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 17 605 2005707 debat-capres-bpn-pastikan-prabowo-siap-jawab-pertanyaan-musiman-U7jeD7Pk4M.jpg Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA – Priyo Budi Santoso, wakil ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mengatakan calon yang diusungnya sudah siap menjawab seluruh pertanyaan yang akan dilontarkan pasangan lawan, termasuk isu pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

"Secara natural akan kita jawab, termasuk pertanyaan 'musiman' (isu pelanggaran HAM). Setiap musim pemilu pasti muncul. Kalau muncul lagi, kami sudah siapkan jawaban, karena problematika itu sudah clear," ujar Priyo di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

(Baca juga: Saksikan Debat Pilpres Putaran 1 di Okezone dan iNews TV)

Kendati demikian, sekretaris jenderal Partai Berkarya itu tidak yakin pertanyaan isu pelanggaran HAM akan muncul dalam debat pertama pilpres malam nanti. Pasalnya, kesepakatan debat tidak akan menanyakan terkait kasus.

"Pertanyaan apa pun, Beliau (Prabowo) siap. Tapi saya enggak yakin akan dapatkan pertanyaan seperti itu. Pada dasarnya kami tak akan menanyakan yang sifatnya personal, karena ini debat negarawan. Kalau dari sisi kami, tak bertanya sifat personal, tapi substansi visi-misi," terang Priyo.

Jadwal debat Pilpres 2019. (Foto: Okezone)

Mantan wakil ketua DPR RI ini mengungkapkan, sesi debat yang paling menarik berada di segmen terakhir. Pasalnya, masing-masing paslon bakal melemparkan pertanyaan yang belum diketahui publik maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri.

"Di dua segmen terakhir, baik capres maupun cawapres, boleh bertanya. Ini yang menarik, karena sampai hari ini tidak ada yang tahu satu pun, kecuali Beliau masing-masing dan Tuhan," imbuh Priyo.

(Baca juga: Ini Urutan dan Waktu Segmen Debat Pilpres 2019 Malam Nanti)

Sementara di Hotel Bidakara, aparat keamanan dan Paspampres bersenjata telah bersiaga. Selain itu, petugas KPU juga terus melakukan persiapan.

Seperti diketahui, debat perdana capres-cawapres hari ini akan dimulai pada pukul 20.00 WIB. Adapun temanya seputar hukum, HAM, terorisme, dan antikorupsi.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini