Israel Lancarkan Serangan Terhadap Pasukan Iran di Suriah

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 21 Januari 2019 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 21 18 2007145 israel-lancarkan-serangan-terhadap-pasukan-iran-di-suriah-hCvcM1nCMp.jpg Tayangan televisi Suriah memperlihatkan rudal Israel melintas di langit Damaskus.

BEIRUT – Militer Israel melancarkan serangan udara terhadap target-target militer Iran di Suriah pada Senin dan memperingatkan pasukan Suriah untuk tidak menyerang pasukan atau wilayah Israel.

Media pemerintah Suriah mengutip sumber militer melaporkan, Israel melancarkan "serangan intens melalui gelombang rudal beruntun", tetapi pertahanan udara Suriah menghancurkan sebagian besar "target musuh".

Saksi mata di Damaskus mengatakan ledakan keras terdengar di langit malam selama hampir satu jam.

“Kami telah mulai menyerang target Quds Iran di wilayah Suriah. Kami memperingatkan Angkatan Bersenjata Suriah agar tidak berusaha merusak pasukan atau wilayah Israel, "kata militer Israel dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Reuters, Senin (21/1/2019).

Pasukan Quds adalah sayap militer Garda Revolusi Iran yang melakukan operasinya di luar negeri.

Serangan itu mengikuti serangan lintas-perbatasan pada Minggu yang ditangkal oleh sistem pertahanan Suriah. Israel mengatakan mereka mencegat roket yang ditembakkan di Dataran Tinggi Golan.

Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu pekan lalu mengakui bahwa Israel telah melakukan serangan terhadap apa yang disebutnya sebagai gudang senjata Iran di Suriah. Dia mengatakan kepada kabinetnya bahwa Israel telah melakukan "ratusan" serangan dalam beberapa tahun terakhir berlangsungnya perang Suriah untuk membatasi Iran dan sekutunya Hizbullah Lebanon.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini