Wilayahnya Digempur Israel, Suriah Ancam Serang Bandara Tel Aviv

Indi Safitri , Okezone · Rabu 23 Januari 2019 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 23 18 2008293 wilayahnya-digempur-israel-suriah-ancam-serang-bandara-tel-aviv-T6euQfAoHv.jpg Tentara AS di Bandara Ben Gurion. (Foto: Reuters)

DAMASKUS - Suriah mengancam akan menggunakan haknya yang sah untuk membela diri melawan agresi Israel dan menyatakan akan menyerang bandara Tel Aviv sebagai pembalasan atas serangan Israel pada Selasa kecuali Dewan Keamanan PBB mengambil tindakan untuk serangan pasukan pertahan Israel (IDF) ke wilayah Suriah.

Tampak kesal dengan impunitas Israel di wilayah udara Suriah yang telah terjadi selama bertahun-tahun dan serangan yang rutin IDF ke daerah di sekitar Bandara Internasional Damaskus, Suriah menyampaikan ancamannya secara eksplisit.

BACA JUGA: Israel Lancarkan Serangan Terhadap Pasukan Iran di Suriah

"Bukankah sekarang waktunya bagi Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan agresi berulang Israel di wilayah Republik Arab Suriah?" tanya Perwakilan tetap Suriah untuk PBB, Dr. Bashar al-Jaafari, sebagaimana dilansir dari RT pada Rabu (23/1/19).

“Atau apakah diperlukan untuk menarik perhatian pembuat perang di dewan ini dengan menggunakan hak kami yang sah untuk membela diri dan menanggapi agresi Israel di Bandara Sipil Internasional Damaskus dengan cara yang sama di Bandara Tel Aviv?” tambahnya.

Serangan udara yang diduga menargetkan kekuatan Iran di dekat bandara tersibuk Suriah itu telah menjadi sesuatu yang biasa norma bagi IDF. Mantan kepala staf militer Israel bulan lalu bahkan secara terbuka mengakui bahwa operasi pengeboman skala besar di Suriah telah dilakukan selama bertahun-tahun.

BACA JUGA: Pertahanan Udara Suriah Tembak Sejumlah Rudal Israel

Selain menyebabkan korban dan kerusakan material akibat serangan mereka yang hampir setiap hari, misi tempur Israel ke Suriah juga berulang kali membahayakan penerbangan yang beroperasi di negara yang dilanda konflik itu.

Jaafari menuduh Prancis, Inggris dan Amerika Serikat (AS) yang merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB memberi dukungan atas agresi Israel terhadap Suriah itu dan melanggar tanggungjawab mereka untuk menjaga perdamaian dan keamanan sesuai hukum internasional. Dia mendesak Dewan Keamanan untuk mengambil langkah-langkah guna menghentikan pelanggaran Israel atas kedaulatan Suriah.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini