nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Secara Tegas Tolak Pengakuan AS Atas Kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2019 11:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 26 18 2035043 indonesia-secara-tegas-tolak-pengakuan-as-atas-kedaulatan-israel-di-dataran-tinggi-golan-NxckmvfkF4.jpg Daerah dataran tinggi Golan yang disengketakan Israel dan Suriah. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia secara tegas menyatakan menolak pengakuan dari Amerika Serikat (AS) terhadap status Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah kedaulatan Israel. Pengakuan yang ditandatangani Presiden Donadl Trump pada Senin itu bukan merupakan sebuah langkah yang kondusif bagi upaya penciptaan perdamaian dan stabilitas di kawasan.

“Indonesia menyatakan tetap mengakui Dataran tinggi Golan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari wilayah kedaulatan Republik Suriah yang saat ini diduduki Israel pasca perang 1967,” demikian disampaikan dalam pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (26/3/2019).

BACA JUGA: Trump: Waktunya AS Akui Kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan!

Posisi Indonesia itu diambil berdasarkan pada prinsip-prinsip Piagam PBB mengenai penghormatan atas kedaulatan dan integritas teritorial setiap negara. Sikap itu juga sejalan dengan berbagai elemen dalam resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB terkait Dataran Tinggi Golan, antara lain Resolusi 242 (1967), 338 (1973) dan 497 (1981), yang menyatakan:

• penolakan terhadap perolehan suatu wilayah yang dilakukan secara paksa

• penarikan mundur pasukan Israel dari wilayah Dataran Tinggi Golan

• penolakan terhadap jurisdiksi hukum Israel atas Dataran Tinggi Golan

• penegasan bahwa langkah Israel untuk menduduki Dataran Tinggi Golan adalah tidak sah dan tidak memiliki dampak hukum internasional.

BACA JUGA: Trump Tandatangani Deklarasi Pengakuan Kedaulatan Israel Atas Dataran Tinggi Golan

Indonesia mendesak masyarakat internasional untuk terus menghormati hukum internasional dan piagam PBB serta tetap berpedoman pada Resolusi PBB terkait dalam proses perdamaian di kawasan Timur Tengah.

Selain Indonesia, beberapa negara lain juga telah menyatakan penolakannya terhadap pengakuan kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan, termasuk Turki dan Palestina. PBB telah menyatakan bahwa pengakuan AS tersebut tidak akan mengubah status Dataran Tinggi Golan dan tidak memiliki pengaruh apa pun.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini