Kanada dan Norwegia Terlibat "Sengketa" Gara-Gara Patung Rusa Raksasa

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 22 Januari 2019 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 22 18 2007961 kanada-dan-norwegia-terlibat-sengketa-gara-gara-patung-rusa-raksasa-5mX6VDJiQH.jpg Patung Mac the Moose (kiri) di Kanada dan patung Storelgen di Norwegia. (Foto: Wikipedia,Shutterstock)

MOOSE JAW – Kanada dan Norwegia, dua negara yang secara luas dikenal dengan penduduknya yang ramah, terlibat “sengketa” yang cukup besar terkait ukuran patung rusa Amerika mereka. Kedua negara tidak ada yang mau mengalah dan kemungkinan akan menjadikan isu ini sebagai sengketa diplomatik paling aneh yang pernah terjadi.

Selama bertahun-tahun, Kota Moose Jaw di Saskatchewan, Kanada telah menjadi tuan rumah untuk patung rusa Amerika terbesar di dunia. Rusa Amerika atau yang juga dikenal sebagai moose adalah jenis rusa yang memiliki tanduk lebar yang khas.

Patung Mac the Moose (Mac si Moose) berdiri setinggi 9,75 meter dan merupakan bangunan khas yang dicintai oleh siapa pun yang melintas di sana.

Namun, baru-baru ini, Norwegia membangun sebuah patung moose berwarna perak yang menyaingi Mac the Moose. Patung yang diberi nama Storelgen yang berarti “Moose Besar” itu berdiri lebih tinggi 30 sentimeter (cm) dari Mac the Moose dan membuat warga Kanada kesal.

"Kami dianggap sangat sopan dan hormat, tetapi ada hal-hal yang tidak Anda lakukan pada orang Kanada. Anda tidak boleh main-main dengan Mac the Moose," kata Wali kota Moose Jaw, Fraser Tolmie sebagaimana dilansir Metro, Selasa (22/1/2019).

Dia mengatakan beberapa saran yang populer adalah memberi Mac tanduk yang lebih besar, sementara yang lain menyarankan hewan raksasa itu diberi sepasang sepatu hak tinggi untuk menambah tinggi ukurannya.

Menurut warga Kanada, seniman berada di belakang Storelgen, Linda Bakke mengatakan bahwa patung rusa besarnya perlu lebih tinggi dibandingkan Mac dan menyebut Storelgen “akan menjadi jauh lebih bagus” dibandingkan patung rusa di Kanada.

Sepasang komedian Kanada, Justin Greeves dan Greg Moore telah membuat halaman GoFundMe untuk mengumpulkan dana demi memastikan Mac mendapatkan kembali kejayaannya dan mengklaim kembali gelar sebagai patung rusa besar tertinggi di dunia.

Tetapi warga Norwegia juga tidak mau menyerahkan gelar itu begitu saja dan mengatakan bahwa mereka akan memperbesar ukuran Storelgen menjadi 20 meter jika diperlukan.

“Kami tidak akan membiarkan yang ini lepas. Tidak mungkin. Kami akan melakukan apa pun yang kami bisa untuk memastikan ini adalah rusa terbesar di dunia - atau rusa terbesar di masa depan, juga," kata Linda Otnes Henriksen, Wakil Wali Kota Stor-Elvdal di mana patung rusa itu berada.

Dia menambahkan bahwa dia juga terbuka untuk melakukan penggalangan dana untuk membangun patung rusa yang lebih besar lagi. Tetapi, dia mengatakan bahwa warga Norwegia sedang menunggu untuk melihat rencana Kanada untuk 'memperbesar moose mereka'.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini