Santri Ponpes Al Mukmin Bersih-Bersih Sambut Kepulangan Abu Bakar Ba'asyir

Agregasi KR Jogja, · Rabu 23 Januari 2019 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 23 512 2008182 santri-ponpes-al-mukmin-bersih-bersih-sambut-kepulangan-abu-bakar-ba-asyir-NhLizI7kJE.jpg Ponpes Al Mukmin Ngruki (foto: ist)

SUKOHARJO - Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki di Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo melakukan persiapan penyambutan kepulangan Abu Bakar Ba'asyir. Bahkan, seribuan santri dan keluarga akan menyambut secara khusus.

Humas Ponpes Al Mukmin Ngruki, Muchson mengatakan, saat ini pihak keluarga sudah mengurus kepulangan Abu Bakar Ba'asyir di Lapas Gunung Sindur, Jawa Barat. Informasi terakhir Abu Bakar Ba'asyir akan pulang pada Rabu (23/1) sekira pukul 09.00 WIB menggunakan transportasi darat.

Pilihan tersebut berbeda dengan rencana sebelumnya menggunakan jalur udara. Sebab kondisi Abu Bakar Ba'asyir sekarang dinilai sehat dan cukup kuat naik mobil. Diperkirakan Abu Bakar Ba'asyir akan tiba di Ponpes Al Mukmin Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo sore hari.

 (Baca juga: Pengacara Bilang Abu Bakar Ba'asyir Pilih Dipenjara dan Tolak Bebas Bersyarat)

ss

Persiapan penyambutan dilakukan dengan membersihkan seluruh kompleks Ponpes Al Mukmin, Cemani, Grogol, Sukoharjo. Di halaman ponpes juga sudah dipasangi tenda berukuran besar. Sekitar seribu lebih santri nantinya akan dikerahkan dalam acara penyambutan tersebut.

"Sampai hari ini (Selasa 22/1 - red) pihak Ponpes Al Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo masih berpegang pada informasi awal dan diperkuat dari pihak keluarga yang mengurus disana bahwa Abu Bakar Ba'asyir akan berangkat pulang dari sana Rabu (23/1) sekitar pukul 09.00 WIB dan tiba di ponpes sekitar sore atau petang hari. Kami sudah melakukan persiapan khusus penyambutan kepulangan," ujarnya.

Muchson juga menegaskan pihak ponpes tidak terpengaruh oleh pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto yang masih akan melakukan kajian terkait pembebasan Abu Bakar Ba'asyir. Sebab pihak ponpes tetap berpegang pada informasi dari pihak keluarga Abu Bakar Ba'asyir.

 (Baca juga: Kaji Pembebasan Ba'asyir, Menkumham: Tidak Mudah Ini Barang)

ss

Putera Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rochim Ba'asyir, Senin (21/1) mengatakan, pihak keluarga masih mengurus kepulangan Abu Bakar Ba'asyir karena saat ini masih di Lapas Gunung Sindur Jawa Barat. Rencananya Abu Bakar Ba'asyir segera bebas dan pulang kembali ke Ponpes Al Mukmin Ngruki Cemani, Grogol, Sukoharjo.

"Dibebaskan tanpa syarat karena memang alasan kemanusiaan itu saja dan sekarang pihak keluarga sedang menunggu dibebaskan. Setelah bebas nanti langsung pulang ke ponpes," ujarnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini