5 Fakta Baru Kasus Vanessa Angel, Jatuh Pingsan hingga Keraguan sang Ayah

Witri Nasuha, Okezone · Kamis 31 Januari 2019 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 31 519 2011939 5-fakta-baru-kasus-vanessa-angel-jatuh-pingsan-hingga-keraguan-sang-ayah-IhgENJBzPZ.jpg Vanessa Angel. (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA – Vanessa Angel resmi ditahan oleh pihak kepolisian setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran konten pornografi. Pihak kepolisian pun menahan Vanessa selama 20 hari terhitung sejak 30 Januari 2019.

Ia ditahan setelah memenuhi panggilan perdananya dan melakukan pemeriksaan di Gedung Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim pada Rabu (30/1).

Berikut beberapa fakta baru terkait Vanessa yang terjerat kasus prostitusi online.

1. Alasan Polisi Tahan Vanessa

Polisi menahan Vanessa karena khawatir artis FTV itu melarikan diri.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera memastikan surat perintah penahanannya sudah ditandatangani oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan.

Ia pun memamaparkan surat perintah tersebut sesuai dengan Pasal 21 Ayat 2 KUHAP, yang menyatakan syarat objektif tersangka bisa ditahan jika terancam hukuman penjara lima tahun atau lebih.

Resmi! Vanessa Angel Ditahan Mulai Hari Ini Terkait Kasus Prostitusi Online

Atas kasus tersebut Vanessa dijerat Pasal 27 Ayat 1 UU ITE dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.

2. Pingsan Usai Diperiksa

Vanessa menjalani pemeriksaan perdananya sebagai tersangka selama 11 jam, mulai Pukul 11.00 WIB hingga 22.00 WIB. Vanessa jatuh pingsan di depan Gedung Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim seusai pemeriksaan.

Polisi kemudian membopong Vanessa dan memasukkannya ke dalam mobil untuk dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim.

Foto: Syaiful I/Okezone

Bibi Ardiansyah melalui akun Instagram pribadinya mengunggah kondisi Vanessa yang merupakan kekasihnya. Terlihat Vanessa tengah duduk bersandar menggunakan alat bantu pernapasan. Ia bersandar lemah di pelukan seorang wanita yang diketahui merupakan salah satu kerabatnya. Vanessa diketahui pingsan akibat maag yang dideritanya.

3. Tunda Penahanan

Barung mengungkapkan, penahanan Vanessa ditunda karena kondisi kesehatannya yang menurun. Penyidik akan melakukan penahanan kembali setelah kondisi Vanessa pulih dengan keterangan sembuh dari dokter rumah sakit.

(Baca juga: Penahanan Vanessa Angel Ditunda Gara-Gara Ini)

“Saya kira semua juga melihat ini sebagai situasi yang dihadapi dalam penegakan hukum yang bertoleran yang fleksibel, yang mana melihat situati kondisi kesehatan dan psikologi yang dihadapi,” imbuhnya.

4. Tanggapan sang Ayah

Ayah Vanessa, Doddy Sudrajat pasrah menerima keputusan polisian yang menahan putrinya. Walaupun mengaku sedih, ia menghormati segala proses hukum terkait kasus yang menjerat Vanessa.

“Kalau memang itu bukti-buktinya sudah kuat, terus sudah wewenang dari Polda Jawa Timur, ya sudah. Memang prosedurnya seperti itu ditahan,” kata Doddy.

5. Ragu Berikan Jaminan

Mengaku sedih dan pasrah atas penahanan yang diberikan kepada putrinya, Doddy dikabarkan sempat menolak memberikan KTP-nya sebagai syarat penanguhan penahanan. Karena diketahui, Vanessa memiliki hak untuk meminta penangguhan penanganan dengan memberikan jaminan.

Doddy mengaku masih berkonsultasi dengan kuasa hukumnya terkait memberikan KTP miliknya dan menjadi penjamin atas kasus yang menjerat putrinya.

“Soal KTP itu, saya masih akan konsultasi lagi dengan kuasa hukum, bang Zakir. Karena kalau KTP kan sudah menyangkut masalah hukum, kalau saya sih enggak masalah gitu,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini