nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Penerbangan dari Bandara Soetta ke Surabaya Delay, Ini Penyebabnya

Anggun Tifani, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 13:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 07 337 2014818 6-penerbangan-dari-bandara-soetta-ke-surabaya-delay-ini-penyebabnya-QClmeHuFbI.jpg Bandara Soetta.

TANGERANG - Sejumlah maskapai di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tujuan Bandara Juanda, Surabaya harus mengalami penundaan penerbangan (delay), Kamis (7/2/2019).

Penerbangan yang mengalami delay adalah Garuda Indonesia dua penerbangan, Batik Air tiga penerbangan dan Sriwijaya satu penerbangan.

Delay dilakukan setelah keluarnya Notice To Airmen (NOTAM) A0539/19, Pukul 09.15 WIB, terkait kondisi Bandara Juanda yang ditutup setelah adanya kerusakan pada runway bandara.

Senior Manager of Branch Communication and Legal, Febri Toga Simatupang mengatakan, hingga kini kondisi Bandara Soetta aman terkendali, meski terdapat kendala dengan rute penerbangan Jakarta-Surabaya.

Ilustrasi.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak maskapai untuk melakukan pemberitahuan pada penumpang bila terjadinya delay ataupun divert (pengalihan) rute. Baik itu tujuan Jakarta-Surabaya atau sebaliknya," ujarnya.

(Baca juga: Viral Pria di Tangsel Ngamuk Sambil Rusak Motor karena Tak Mau Ditilang)

Pihaknya juga mengantisipasi jika ada pengalihan rute ke Bandara Soetta. Meskipun hingga saat ini, belum ada informasi penerbangan dari Bandara Juanda akan melakukan divert ke Soetta.

"Sejauh ini masih aman, tapi tetap kita antisipasi," ucapnya.

Diketahui, beberapa penerbangan mengalami delay dan juga melakukan divert atau pengalihan pendaratan bukan di bandara tujuan.

Sebagai informasi, NOTAM merupakan pemberitahuan yang disebarluaskan melalui peralatan telekomunikasi yang berisi informasi mengenai penetapan. Kondisi tersebut berupa perubahan di setiap fasilitas aeronautika, pelayanan, prosedur atau kondisi berbahaya, berjangka waktu pendek dan bersifat penting untuk diketahui oleh personel operasi penerbangan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini