nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dakwaannya Tak Jelas, Ahmad Dhani Ajukan Eksepsi di Sidang Kedua

Syaiful Islam, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 15:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 07 519 2014865 ahmad-dhani-akan-ajukan-eksepsi-di-sidang-kedua-ZEcZEG84QV.jpg Kuasa Hukum Ahmad Dhani, Aldwin Prasetyo (Foto: Syaiful Islam)

SURABAYA - Terdakwa pencemaran nama baik, Ahmad Dhani, keberatan atas dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang perdana di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (7/2/2019). Politisi Gerindra ini pun akan mengajukan eksepsi pada sidang kedua, Selasa 12 Februari 2019.

Keberatan itu disampaikan kuasa hukum Ahmad Dhani, Aldwin Prasetyo. Sebab, dakwaan terhadap kliennya tidak jelas. 

"Jelas kita eksepsi. Sesuai dengan yang ada di KUHAP, kalau dakwaan dirasa tidak jelas dan menyangkut mengadili, kita harus eksepsi," terang Aldwin, Kamis (7/2/2019).

(Baca Juga: Berkaos Tahanan Politik, Ahmad Dhani Jalani Sidang di Surabaya

Ahmad Dhani usai sidang

Menurut Aldwin, JPU menyampaikan dakwaan tidak jelas alias kabur. Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan dengan detail materi eksepsi yang bakal diajukan pada sidang berikutnya.

"Kita akan mengkritisi isi dakwaan. Nota-nota keberatan juga akan kita sampaikan nanti. Apalagi ini tidak masuk dalam pasal yang dituduhkan," kata Aldwin.

Pada sidang perdana Ahmad Dhani Prasetyo, JPU Rachmat Hari Basuki membacakan dakwaannya yakni terdakwa dinilai melanggar Pasal 27 Ayat (3) UU ITE Tahun 2016 tentang Pencemaran Nama Baik.

Terdakwa didakwa dengan Pasal 45 Ayat (3) Jo Pasal 27 Ayat (3) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang UU ITE. (Baca Juga: Kubu Jokowi: Keliru Jika Kasus Ahmad Dhani Dianggap Kriminalisasi Hukum)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini