nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Pelaku Spesialis Bobol Mesin ATM di Jatim Diringkus

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 22:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 07 519 2015056 4-pelaku-spesialis-bobol-mesin-atm-di-jatim-diringkus-1mR56uADEJ.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

TRENGGALEK - Kepolisian berhasil mengamankan 4 orang pelaku spesialis bobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Jawa Timur. Pelaku kerap beraksi di lebih dari 10 kota di Jawa Timur.

Keempat pelaku ini mempunyai peran masing-masing, Rudi Hermawan (37) warga Dusun Nongkosewu, Desa Karangnongko, Kecamatan Poncokusumo, Malang sebagai eksekutor, Syahril Azmi (30) warga Desa Payung, Kecamatan Kota Agungbarat, Tanggamus Lampung sebagai eksekutor.

Kemudian, Agus Setiawan (25) warga Desa Pasarmadang, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, sebagai pengawas, dan Andika Stevan (27) Desa Padasuka Kecamatan Cimahitengah, Cimahi sebagai pengawas.

(Baca Juga: Bobol Mobil yang Terparkir di Senayan, Susilo Ditangkap Polisi

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo Saputra menyatakan, dari hasil interograsi kepada pelaku, mereka mengaku telah melakukan aksinya di belasan wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur dengan sasaran mesin ATM Bank Jatim.

"Daerah yang jadi sasaran pelaku antara lain Malang, Blitar kota dan kabupaten, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Ponorogo, Lumajang, Madiun, dan Sidoarjo. Ada lebih dari satu ATM yang jadi sasaran di satu wilayah," ungkap Didit Bambang di Mapolres Trenggalek, Kamis (7/2/2019).

Di wilayah Trenggalek sendiri, mereka telah menjalankan aksinya di tiga ATM di Bank Jatim Durenan, ATM Alun - Alun Trenggalek, dan Bank Jatim kantor kas Pule, namun satu lokasi yakni di Durenan tak berhasil dibobol.

"Jadi, tidak di setiap ATM berhasil dibobol, kalau tidak berhasil pindah ke ATM yang lain. Dari hasil pemeriksaan yang diincar sementara ini adalah ATM milik Bank Jatim," katanya.

(Baca Juga:  Polisi Bekuk Sindikat "Pencuri Sinyal Provider" di Bogor)

Penjara

Dari keempatnya, polisi berhasil mengamankan uang jutaan rupiah dari hasil membobol ATM di wilayah Trenggalek. Sedangkan dari pengakuan pelaku sudah ada puluhan juta rupiah uang yang berhasil dibobol dari ATM. Petugas juga mengamankan obeng, alat pencungkil tang, kartu ATM, dan mobil untuk menjalankan aksinya.

Pelaku sebelum melancarkan aksinya, terlebih dahulu mematikan aliran listrik saat proses penarikan dan mencongkel uang yang hendak keluar dari mesin sebelum terdebet oleh sistem.

Akibat perbuatannya, 4 pelaku ini dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan terancam dengan hukuman penjara maksimal 7 tahun.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini