Ribuan Mahasiwa Belum Urus Form A5, KPU: Ini Bagian Kesadaran Demokrasi

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 12:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 13 605 2017279 ribuan-mahasiwa-belum-urus-form-a5-kpu-ini-bagian-kesadaran-demokrasi-lZGTA4Z7IJ.JPG Ketua KPU Kota Malang, Zainuddin (Foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG - Ribuan mahasiswa dari luar Kota Malang, Jawa Timur yang memiliki hak pilih hingga kini belum mengurus formulir pindah memilih atau biasa disebut form A5 menjelang batas akhir pendaftaran. Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Malang, Zainudin.

"Laporannya belum ada yang mengurus. Masih kita tunggu sampai 17 Februari," ucap Zainuddin saat ditemui Okezone di kantornya, Rabu (13/2/2019).

Ia menegaskan, mengurus pindah pilih tidak bisa diwakilkan dan menjadi bagian dari kesadaran berdemokrasi para mahasiswa dan kaum intelektual.

"Tidak bisa kolektif kolegial atau diwakilkan kalau administrasi pindah pilih. Bisa mengurus di PPS di kantor kelurahan, PPK atau ke kantor KPU. Jadi, tidak alasan kos mereka jauh dari sana. Ini karena kesadaran berdemokrasi mereka mau apa enggak," ujar pria berkacamata ini.

Terkait kemungkinan 'jemput bola' administrasi pindah pilih, menurut dia hal itu cukup sulit, mengingat jumlah kampus di Kota Malang mencapai 60-an.

Ilustrasi Kotak Suara

"Jumlah kampus di Malang ada 60-an, kalau satu dijemput bola yang lainnya menuntut kita yang kesulitan. Kita juga sudah ajak organisaai kemahasiswaan untuk mengajak teman-temannya," kata dia.

Sejauh ini lanjutnya, dari total jumlah mahasiwa di Universitas Brawijaya (Unibraw) saja misalnya yang mencapai 55 ribu, di mana 20 persen mahasiswanya berasal dari luar Jawa Timur dan Pulau Jawa.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini