nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahun Politik, 94 Hoax Menyebar Tiap Minggu

Jani Noor, Jurnalis · Sabtu 16 Februari 2019 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 16 525 2018877 tahun-politik-94-hoax-menyebar-tiap-minggu-JbK9XwXJsU.jpg Head of Innovation Center MNC Group, Irvan Nasrun dalam Seminar Cyber Security dengan Tema Internet Berkah atau Musibah di Tasikmalaya, Jawa Barat (foto: Jani Noor/Sindonews)

TASIKMALAYA - Head Officer Innovation Center MNC Grup, Irvan Nasrun, ST,.M.BA mengatakan data terbaru Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ada 94 hoax tersebar setiap minggunya selama tahun politik di 2019.

Sehingga, para mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Tasikmalaya harus menggunakan internet dengan baik dan tahu bagaimana memfilter hoax tersebut.

(Baca Juga: Menkominfo: Ada 900 Ribu Situs Penyebar Informasi Hoax) 

"Data Kominfo, 94 hoax menyebar dalam minggu. Dari sini kami memberi pemahaman bagaimana menggunakan internet dengan baik serta bagaimana menangkal hoax-hoax tersebut," kata Irvan selepas menjadi Narasumber Seminar Cyber Securty dengan tema, Internet Berkah atau Musibah di Aula STAINU Tasikmalaya, Jalan Argasari Kota Tasikmalaya, Sabtu (16/2/2019).

Head Officer Innovation Center MNC Grup, Irvan Nasrun Menjadi Narasumber Seminar Cyber Securty dengan Tema Internet Berkah atau Musibah di Aula STAINU Tasikmalaya, Jalan Argasari Kota Tasikmalaya (foto: Jani Noor/SINDO) 

Menurut Irvan, internet itu banyak berkahnya yang bagi para mahasiswa bisa menjadi tempat mencari Ilmu Pengetahuan serta menjadi sarana dakwah.

"Kita kreatif, internet bisa jadi media dakwah. Misal di NU ada kitab kuning yang kenapa tidak kita menyampaikannya lewat internet," ujarnya.

Untuk itu, internet lebih banyak berkahnya tergantung yang menggunakannya.

"Tahu Ustad Abdul Somad kan? Karena internet, jadi Dai terkenal di Indonesia. Kalau dipergunakan dengan baik, internet menjadi sarana dakwah," tutur Irvan.

Irvan pun mengajak para Mahasiswa STAINU untuk memfilter berita-berita yang belum diyakini kebenarannya karena dimusim politik ini sangat rentan dengan hoax. Jangan cepat percaya serta jangan cepat disebar jika belum meyakini kebenarannya.

Ketua 3 STAINU Tasikmalaya, Anis Nursobah sangat berterimakasih atas kesediaan Irvan Nasrun yang jauh-jauh dari Jakarta ke Kota Tasikmalaya.

Kerjasama seperti ini, kata dia, ingin terus dijalin karena MNC Grup sebuah perusahaan level nasional yang bergerak dibidang pertelevisian.

"Kebetulan disini (STAINU) akan dibuka prodi penyiaran Islam. Tentang media, kami perlu sekali bantuan dari MNC," ucap Anis.

(Baca Juga: Alasan Hoax Cepat Menyebar, Minat Baca Warga Indonesia Cuma 0,001 Persen) 

Humas BEM STAINU Tasikmalaya, Farhan Fatahilah merasa jadi lebih tahu tentang internet. Jika sebelumnya hanya tahu tampilan luar saja seperti Google, Facebook dan lainnya tapi berkat Seminar ini jadi paham bagaimana internet berkembang dan kegunaanya dikemudian hari.

"Ilmu yang kami peroleh yang tiada terhingga. Karena soal internet, pertama kali disampaikan di STAINU dengan Pak Irvan ini," ucapnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini