BPN: Banyak Kombatan GAM yang Manfaatkan Tanah Milik Prabowo di Aceh

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 19:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 18 605 2019738 bpn-banyak-kombatan-gam-yang-manfaatkan-tanah-milik-prabowo-di-aceh-J9GhckAtju.jpg Prabowo joget saat debat perdana Pilpres 2019. Foto/Ist

JAKARTA – Banyak kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang menggunakan lahan milik Prabowo di Aceh, kata Koordinator Juru Bicara (Jubir) Dahnil Anzar Simanjuntak dalam jumpa pers, Senin (18/2/2019).

Dahnil mengaku mendapat keluhan dari sejumlah kombatan GAM atas pernyataan Jokowi yang mengungkap lahan Prabowo di Aceh saat debat kedua Pilpres 2019.

“Mas, kami ini marah, kami kecewa dengan statement (pernyataan-red) dan tuduhan Pak Jokowi,” kata Dahnil merujuk keluhan yang ia terima dari kombatan GAM.

Dahnil menjelaskan lahan milik Prabowo yang berstatus Hak Guna Usaha (HGU) digunakan oleh masyarakat sekitar dengan izin Prabowo.

"Jadi teman-teman kombatan Aceh itu merasa terbantu dengan lahan yang di HGU-kan kepada Pak Prabowo. Ingat, itu bukan milik Pak Prabowo, tapi beliau malah membayar, kira-kira begitu, memanfaatkan," paparnya.

Foto/Okezone

Begitu juga lahan yang di Kalimantan Timur. Kata Dahnil, Prabowo bertarung melawan korporat Churchill Mining Plc asal Inggris untuk bisa mengelola lahan tersebut.

Baca: TKN: Prabowo Kalah Debat, BPN Tidak Perlu Cari Alasan

Baca: BPN Nilai Masyarakat Akan Kritik Jokowi soal Tidak Ada Konflik Agraria

"Dia bertarung bahkan sampai PTUN, untuk memastikan tambang itu diperoleh dan dikelola oleh pengusaha lokal,” ujar dia.

Foto/Okezone

Dengan dalih itu, Dahnil merasa heran dengan pernyataan Jokowi saat debat kedua Pilpres yang mengungkapkan Prabowo memiliki lahan ratusan hektare di Kalimantan dan Aceh. “Jadi kalau Tindakan Pak Prabowo itu dicibir oleh Pak Jokowi, saya ndak tahu harus mengungkapkan kalimat seperti apa."

"Justru yang dipertahankan Pak Prabowo adalah... apa namanya, dignity atau martabat sebagai anak bangsa," ujar Dahnil.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini