nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengaku "Bangkitkan" Orang Mati, Pastor Afsel Jadi Bahan Olok-Olok di Internet

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 11:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 28 18 2023897 mengaku-bangkitkan-orang-mati-pastor-afsel-jadi-bahan-olok-olok-di-internet-5cHKeXjGej.jpg Foto: Facebook/Alph Lukau.

JOHANNESBURG - Video seorang pastor di Afrika Selatan yang “membangkitkan” orang mati telah menjadi bahan olok-olok dan melahirkan sebuah tantangan yang lucu di internet.

Pada Minggu, Pastor Alph Lukau, pimpinan dari gereja Alleluia Ministries International (AMI) di Johannesburg menayangkan siaran langsung acara misa massal yang dipimpinnya melalui Facebook. Salah satu bagian dari acara berdurasi tiga jam tu memperlihatkan Lukau secara dramatis “membangkitkan” seorang pria yang disebut sudah mati selama dua hari.

'Mukjizat' itu dilakukan Lukau dengan menyentuh 'mayat' tersebut dan berteriak “bangun!” sebelum pria bernama Elliot itu bangkit dari peti jenazahnya diiringi tepuk tangan meriah para jemaat. Rekaman video itu memunculkan meme dan tantangan lucu di internet yang disebut #ResurrectionChallenge.

Sowetan yang dilansir RT, Kamis (28/2/2019) melaporkan, aksi Lukau itu membuat marah perusahaan pemakaman lokal yang merasa ditipu untuk menyediakan peti mati dan layanan lainnya. Perusahaan tersebut bahkan mengancam akan menuntut pastor yang menyebut dirinya sendiri sebagai Nabi itu.

"Tidak ada mukjizat," kata Komisi untuk Promosi dan Perlindungan Masyarakat Budaya, Agama dan Linguistik (Komisi Hak CRL) stasiun penyiaran pemerintah Afrika Selatan SABC News. "Mereka dibuat untuk mencoba mendapatkan uang dari keputusasaan rakyat kita."

Lukau sendiri telah membela diri dan mengatakan bahwa Elliot memang sudah meninggal saat dibawa ke gereja. Dalam pernyataannya, dia mengkritik orang-orang yang tidak mempercayai “kekuatan Tuhan” dan meminta dokter Elliot dan orang-orang dari rumah duka untuk memverifikasi keajaiban itu.

Namun, gereja kemudian menarik pernyataan itu dan mengakui bahwa Elliot memang masih hidup saat dibawa ke gereja dan Lukau hanya "menyelesaikan keajaiban yang sudah dimulai oleh Tuhan."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini