nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Data Sementara Kerusakan Rumah Akibat Gempa Solok Selatan Capai 329 Unit

Rus Akbar, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 12:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 28 340 2023904 data-sementara-kerusakan-rumah-akibat-gempa-solok-selatan-capai-329-unit-hCluc4uO9F.jpg Rumah korban gempa Sumatera (Foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Dampak gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat semakin bertambah. Hasil pendataan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Solol Selatan sampai pukul 11.26 WIB jumlah rumah yang rusak sampai 329 unit.

“Sampai jam ini kita menerima laporan dari tim yang turun kelapangan telah mengumpulkan data sementara ada sebanyak 329 unit rumah rusak di dua kecamatan, baik itu rumah rusak berat maupun rusak sedang dan ringan. Data itu akan terus bertambah,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Solok Selatan, Herwin pada Okezone, Kamis (28/2/2019).

Baca Juga: 11 Orang Luka dan 101 Rumah Rusak Akibat Gempa M 5,6 di Solok Selatan

Rumah Korban

Berdasarkan data sementara yang diperoleh dari BPBD Solok Selatang untuk Kecamatan Sangir Balai Janggo yang tergiri dari Nagari Talunan ada 30 unit rumah rusak ringan. Di Nagari Sungai Kunyit ada 21 unit rumah rusak berat, 42 rusak sedang dan 105 unit rusak ringan.

Sementara di Nagari Sungai Kunyit Barat ada 50 unit rusak sedang dan 50 rumah rusak ringan dan 1 unit rumah rusak berat. Di Kecamatan Sangir Batang Hari tepatnya di Nagari Ranah Pantai Cermin ada 30 unit rumah rusak ringan.

“Kita sedang mempersiapkan makanan bersama dinas sosial untuk masyarakat terdampak, untuk yang luka-luka tertimpa bangunan kita evakuasi di Pustu, Puskemas dan Rumah sakit, tapi sampai saat ini belum ada korban jiwa yang meninggal akibat gempa. Saat ini ada 11 korban yang luka-luka,” ungkapnya.

Herwin menambahkan bagi warga yang mengalami kerusakan untuk sementara menginap di tenda yang telah disiapkan BPBD dan tim lainnya. “Kita sudah melakukan koordinasi dengan BPBD Sumatera Barat saat ini logistik sedang menuju ke Solok Selatan,” kata Herwin.

Korban Gempa

Baca Juga: Gempa Pasaman Sumbar Dirasakan hingga Jambi, Warga Panik dan Berhamburan Keluar Rumah

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini