nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Update Korban Gempa Magnitudo 5,6 di Solok Selatan, 48 Orang Terluka

Rus Akbar, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 13:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 28 340 2023966 update-korban-gempa-magnitudo-5-6-di-solok-selatan-48-orang-terluka-H9lXHjL4Zu.jpg Rumah warga Solok Selatan, Sumbar, rusak akibat gempa. (Foto : Rus Akbar/Okezone)

PADANG – Korban gempa bumi dengan magnitudo 5,6 di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mencapai 48 orang. Korban tersebut kemudian dilarikan ke puskesmas maupun rumah sakit sekitar.

Sekretaris BPBD Solok Selatan Sumardianto sekaligus sebagai koordinator Posko Pusdalop PB Solok Selatan ini mengatakan, korban banyak yang terluka akibat tertimpa puing bangunan, saat gempa melanda wilayah daerah tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, di Kecamatan Sangir Balai Janggo sebanyak 45 orang terluka, di Kecamatan Sangir Batang Hari ada 2 korban, kemudian di Kecamatan Sangir Jujuan ada 1 orang yang terluka.

“Korban tersebut dirawat di Puskesmas Mercu 22 orang, Puskesmas Abai 2 orang, Puskesmas Talunan 23 orang, Puskesmas Bidar Alam 1 orang, dan 1 orang dirawat di RSUD Solok Selatan,” katanya, Kamis (28/2/2019).

Rumah di Solok Selatan rusak akibat gempa. (Foto : Rus Akbar/Okezone)

BPBD juga sudah mendirikan posko kesehatan di empat titik, yaitu Puskesmas Mercu, Abai, Talunan dan Bidar Alam.

“Saat ini kita juga sudah menyediakan makan berupa nasi bungkus untuk korban berdampak gempa serta mendirikan tenda darurat. Untuk saat ini ada sebanyak 55 kepala keluarga (KK) mengungsi akibat kerusakan rumah,” ucapnya.

(Baca Juga : Data Sementara Kerusakan Rumah Akibat Gempa Solok Selatan Capai 329 Unit)

Sementara jumlah rumah yang rusak dari data sementara ada 343 unit (23 rusak berat, 118 rusak sedang, dan 198 rusak ringan). Rumah rusak itu tersebar di tiga kecamatan, yaitu Sangir Balai Janggo, Sangir Batang Hari, dan Sangir Jujuan.

“Selain bangunan rumah ada empat unit fasilitas umum yang mengalami kerusakan, Puskesmas Mercu dan Min 3 Solok di Kecamatan Sangir Jujuan, Musala Al Barokah dan Posyandu di Kecamatan Sangir Balai Janggo,” katanya.

(Baca Juga : Korban Luka Akibat Gempa di Solok Selatan Capai 42 Orang)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini