Ketua DPW Sultra Dukung Jokowi, Waketum PAN: Itu Aspirasi yang Tak Terbendung

Achmad Fardiansyah , Okezone · Senin 04 Maret 2019 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 04 605 2025531 ketua-dpw-sultra-dukung-jokowi-waketum-pan-itu-aspirasi-yang-tak-terbendung-JQM8I7yO9n.JPG Wakil Ketua Umum DPP PAN, Bara Khrisna Hasibuan. (dpr.go.id)

JAKARTA – Wakil Ketua Umum DPP PAN, Bara Hasibuan, menilai sikap Ketua Harian DPW PAN Sulawesi Tenggara (Sultra) Kerry Syaiful Konggoasa terhadap pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin sebagai bentuk aspirasi yang tak terbendung.

Diketahui, pada Pilpres 2019, PAN mendukung pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Saya pikir ini aspirasi yang tidak bisa dibendung dan artinya lagi- lagi pemilihan presiden dan pemilihan legislatif ini dilakukan secara bersamaan. Keduanya tidak bisa dipisahkan dan kepentingan kita bagaimana kita bukan hanya lolos threshold di pemilihan legislatif, tapi mendapat suara yang signifikan," katanya di Kompleks DPR RI, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2019).

Bara mengungkapkan, dukungan yang diberikan Kerry didasari atas kerja nyata mantan Gubernur DKI Jakarta itu di Sulawesi Tenggara. Hal ini menjadi dasar adanya perbedaan sikap kader PAN dalam mendukung paslon di Pilpres 2019.

"Keputusan yang berdasarakan realitas daerah setelah dalam hal ini Sulawesi Tenggara. Jadi, saya pikir Jokowi dirasakan sudah melakukan banyak hal untuk kemajuan dan pembangunan di kawasan Indonesia Timur, juga termasuk Sulawesi Tenggara. Memang karena keberhasilan pemerintah Jokowi itu mungkin di bidang infrastruktur dirasakan rakyat di provinsi setempat maka Ketua Harian Provinsi PAN Sulawesi Tenggara, secara terbuka untuk mendukung Pak Jokowi," ujarnya.

Jokowi-Ma'ruf Amin (Dok Okezone)

Dari sikap itu, Bara melanjutkan, DPP belum mengambil sikap resmi, sebab hingga saat ini PAN masih terfokus pada Pileg di daerah masing-masing.

"Saya rasa, begini ya ini kita fokusnya di pemilihan legislatif. Kita ingin betul-betul partai ini tetap solid. Kita paham ada semacam fleksibiltas yang diperlukan masing-masing daerah dalam menyakinkan pemilih dan dalam menentukan langkah politik untuk kepentingan dan kebesaran partai mereka di daerah masing-masing," katanya.

(Baca Juga : Rekomendasi Program Prorakyat, TKN: Sudah Dilaksanakan dan Ditingkatkan Jokowi)

Sekadar diketahui, Ketua Harian DPW PAN Sultra, Kerry Syaiful Konggoasa, menyatakan dukungannya kepada Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019. Sikapnya ini bertentangan dengan arah dukungan partainya yang mengusung paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Ia mendukung Jokowi karena menurutnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah berhasil melakukan pembangunan tak hanya di kota, tetapi di desa-desa. Pembangunan itu pun ia rasakan di Sultra. Selain itu, ia mengatakan, berkat kepemimpinan Jokowi, angka kemiskinan di Sultra juga turun.

(Baca Juga : Prabowo: Saya dan Pak Sandi Hanya Alat untuk Rakyat)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini