nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Percaya Cara Pemerintah Atasi Skandal Suap, Menteri Keuangan Kanada Berhenti

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 13:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 05 18 2026027 tak-percaya-cara-pemerintah-atasi-skandal-suap-menteri-keuangan-kanada-berhenti-aHO9PChAAD.jpg Presiden Kanada Justin Trudeau dan Jane Philpott. Foto/Reuters

Menteri Keuangan Jane Philpott dalam Kabinet Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah mengundurkan diri imbas skandal politik yang semakin meningkat. Philpott mengatakan dia telah kehilangan kepercayaan pada pemerintah terkait penanganan kasus suap.

Presiden Dewan Keuangan Jane Philpott keluar dari Kabinet Kanada pada Senin 4 Maret 2019. Dia adalah tokoh terkenal ketiga yang meninggalkan jabatannya dalam krisis politik di Kanada meningkat.

Dalam surat pengunduran diri yang ditujukan kepada perdana menteri, Philpott mengatakan dia sangat prihatin dengan upaya politisi dan pejabat karena menekan mantan Jaksa Agung Jody Wilson-Raybould untuk campur tangan dalam kasus pidana perusahaan raksasa teknik Kanada SNC-Lavalin dan ia menegaskan tidak bisa lagi membela pemerintah.

"Sayangnya, saya kehilangan kepercayaan terhadap bagaimana pemerintah menangani masalah ini dan bagaimana menanggapi masalah yang diangkat," kata Philpott dalam sebuah pernyataan, mengutip Deutsche Welle (DW), Selasa (5/3/2019).

Kasus SNC-Lavalin

Wilson-Raybould, seorang teman dekat Philpott, mengatakan kepada sidang parlemen pada pekan lalu bahwa dia telah mendapat tekanan dari Trudeau dan anggota senior pemerintahannya untuk menghindari pengadilan pidana dalam kasus SNC-Lavalin.

Baca: Dubes Kanada Dipecat Setelah "Salah Bicara" Soal Penahanan Eksekutif Huawei

Baca: Pria Kanada Divonis Hukuman Mati, PM Trudeau Kecam China

Perusahaan dituduh telah menyuap pejabat pemerintah Libya antara tahun 2001 dan 2011, ketika negara itu diperintah oleh Muammar Gadhafi.

Jika terbukti, perusahaan yang berbasis di Montreal ini akan dilarang dari bisnis pemerintah federal selama satu dekade. Perusahaan SNC-Lavalin adalah kekuatan ekonomi utama dengan sekitar 9.000 karyawan di Kanada dan 50.000 nasional.

Reaksi Trudeau

Philpott, seorang dokter yang dianggap sebagai bintang dalam kabinet Trudeau. Ia sebelumnya menjabat sebagai menteri kesehatan dan menteri layanan masyarakat. Dia diangkat ke posisi menteri keuangan pada Januari.

"Saya tahu Philpott telah merasakan hal ini, dan sementara saya kecewa, saya mengerti keputusannya untuk mundur. Saya ingin berterima kasih padanya atas pelayanannya," kata Trudeau.

"Tetapi pada saat yang sama, kita perlu mengingat gambaran yang lebih besar," kata Trudeau.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini