800 Kg Garam Ditebar di Langit Riau atasi Kebakaran Hutan

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Selasa 05 Maret 2019 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 05 340 2025824 800-kg-garam-ditebar-di-langit-riau-atasi-kebakaran-hutan-Uu1sEkn5Iy.jpg Kebakaran hutan (Foto: BNPB)

PEKANBARU - Satgas udara penanggulangan kebakaran hutan Riau hari ini kembali melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Kegiatan ini dilakukan untuk melakukan hujan buatan.

Kadis Ops (Kepala Dinas Operasi) Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kolonel Jajang Setiawan mengatakan, pihaknya melakukan modifikasi cuaca di dua wilayah. "Hari ini, kita melakukan modifikasi cuaca di Kabupaten Bengkalis dan Siak," kata Jajang, Senin (4/3/2019).

Dia menjelaskan, operasi modifikasi cuaca hari ini menghabiskan 800 Kg garam. Operasi menyemai garam dilakukan dengan menggunakan pesawat jenis Cassa.

Kebakaran hutan dan lahan

(Baca Juga: Padamkan Karhutla, Satu Heli Water Bombing Kembali Dikerahkan ke Riau

Sementara Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo hari ini melakukan peninjauan kebakaran hutan dan lahan di Riau. Mantan Danjen Kopasus ini terbang ke Kabupaten Bengkalis yang merupakan daerah terparah kebakaran.

"Operasi TMC dilakukan untuk meminimalisir dampak bencana kebakaran," kata Doni. (Baca Juga: Kualitas Udara di Indonesia Membaik Meski Masih Ada Karhutla di Sejumlah Wilayah)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini